Festival Budaya Nusantara

In Satelit Depok
MEMUKAU: Siswa kelas V SD Semut Semut bermain alat musik arumba yang berasal dari Jawa Barat. Foto: Indah /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, CIMANGGIS – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei dan Hari Buku 17 Mei, SD Semut Semut The Natural School menggelar festival budaya nusantara, Kamis (18/5).

“Kita me-refresh budaya kembali untuk anak-anak. Hal ini dimaksudkan guna menumbuhkan rasa lebih cinta budaya ke siswa. Karena budaya Indonesia yang sangat beragam,” ujar Kepala SD Semut Semut, Saiyadi, ditemui di kantornya Jalan Industri Kapal Dalam No. 25A, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

Bertemakan budaya nusantara, peringatan ini ditandai dengan beberapa penampilan dari siswa kelas I hingga kelas V.

Seperti tarian tradisional, peragaan busana adat dari berbagai daerah, permainan tradisional, aneka bazar makanan dan pernak-pernik khas beberapa daerah.

“Setelah acara penampilan-penampilan, dilanjutkan dengan permainan tradisional yang sudah kita siapkan. Tinggal diarahkan oleh guru-gurunya,” katanya lagi.

Festival turut mengundang guest teacher. Kali ini merupakan dosen ahli Antropologi dari Universitas Indonesia (UI) yang mengenalkan budaya Indonesia melalui presentasinya dan ditampilkan secara ringan dan sederhana melalui foto dan video.

“Kita undang dosen antropologi UI yang kebetulan juga orangtua salah satu siswa. Setiap kegiatan kita memang mengundang guest teacher, biar siswa tidak bosan dan monoton,” kata Saiyadi.

Kegiatan ini dapat menjadikan para siswanya memahami bahwa Indonesia memiliki ragam suku dan budaya yang berbeda. Maka dibutuhkan toleransi antar masyarakat agar tercipta semangat kesatuan bangsa.

“Apapun agama, suku dan budayanya jangan sampai kita terpecah belah hanya karena beberapa masalah saja. Siswa juga diajarkan toleransi antar umat beragama,” pesan Saiyadi. (ind)

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu