Hore Pekan Ini BOS Cair 

In Metropolis

RADAR DEPOK.COM -Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, Sahat Farida Berlian meminta, Dinas Pendidikan (Disdik) berinisiatif menjelaskan kepada masyarakat atau sekolah, terkait penyebab keterlambatan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kendala pencairan dana BOS, kata Sahat masih terkendala dengan peraturan menteri yang dikeluarkan Februari 2017 lalu. “Kendalanya sih, kalau tidak salah terkait peraturan menteri yang baru dikeluarkan Februari kemarin,” tambahnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Politisi berlambang Banteng Moncong Putih ini menambahkan, untuk dana BOS dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah turun. Namun, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) belum turun.  “Ya, untuk BOS APBN sudah, tapi BOS APBD yang belum. Mudah-mudahan Mei ini sudah bisa dicairkan,” kata Sahat.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin menegaskan, saat ini sedang proses mengajukan pencairan dana BOS ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Ia berharap dalam minggu ini semua dapat terselesaikan.

“Sekarang sedang proses pengajuan pencairan ke BKD, ya mudah-mudahan dalam minggu ini bisa selesai. Bisa cair,” kata Thamrin.

Menurutnya keterlambatan ini, bukan hanya masalah dari Dinas Pendidikan Kota Depok saja, namun terjadi juga di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

“Awalnya tidak masuk dalam belanja langsung dinas pendidikan tetapi sekarang harus masuk belanja langsung dinas pendidikan otomatis kita harus minta rekapan ke setiap sekolah,” katanya.

Anggaran dana BOS yang dikucurkan pemerintah untuk Kota Depok lebih dari Rp80 miliar untuk sekolah negeri dan swasta. Dana tersebut langsung ditransfer ke rekening sekolah.

“Kalau Depok total keseluruhan dana BOS hampir Rp80 Miliaran lebih untuk sekolah negeri dan swasta termasuk Madrasah Ibtidaiyah. Semua itu langsung masuk ke rekening sekolah jadi ngambilnya gak cash tapi ke rekening sekolah,” tutupnya. (ind)

You may also read!

pengamanan libur panjang depok

Libur Panjang, Satpol PP Depok Belum Ambil Persiapan

DITEGAKAN : Petugas Satpol PP bersama aparat keamanan saat menindak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Read More...
PJU kelurahan bojongsari

45 Patok PJU Tertanam di Kelurahan Bojongsari

PASANG PATOK : Kasie Ekbang Kelurahan Bojongsari, Aryo Gusprianto (kiri) bersama timny sedang memasang patok

Read More...
BKB pelatihan virtual

Pembinaan Kader BKB Depok Melalui Virtual

GIAT : Penyampaian materi dari Kadinkes kota Depok kepada kader BKB di 11 Kecamatan. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu