RADAR DEPOK.COM -Demi menekan kenaikan harga yang kerap terjadi menjelang bulan Ramadan. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok akan melakukan sejumlah langkah antisipasi. Salah satunya, dengan menggelar pasar murah yang diharapkan bisa mengendalikan harga barang di pasaran.

“Nantinya kami akan menggelar pasar murah, sidak pasar dan operasi pasar bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog),” ujar Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kota Depok, Anim Mulyana kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Anim menjelaskan, untuk waktu pelaksanaan masih dalam tahap koordinasi dengan beberapa pihak terkait. Adapun bahan pokok yang akan disediakan saat pasar murah seperti minyak goreng, gula pasir, mentega, mie instan dan terigu.

“Kita sediakan 600 paket, setiap satu paketnya terdiri dari lima item. Nantinya paket ini akan kita sebar ke-22 titik. Masing-masing kecamatan terdiri dari dua tempat. Untuk waktunya masih kita koordinasikan, sekitar dua minggu sebelum dan setelah bulan Ramadan,” tambahnya.

Untuk harga dipastikan di bawah harga pasar. Saat ini pihaknya juga sedang melakukan survei harga kebutuhan pokok di pasar, sehingga barang yang dijual tetap bisa dijangkau masyarakat prasejahtera.

“Kecamatan dan kelurahan juga ikut membantu kami dengan mendata warga yang kurang mampu. Nantinya mereka akan mendapatkan satu kupon dengan harga sekitar Rp35 ribu, seperti tahun lalu. Kupon tersebut bisa ditukarkan satu paket kebutuhan pokok di tempat yang nanti kami tunjuk,” tandasnya.(ina)