SURVEI LAPANGAN: Ketua LPM Kelurahan Tirtajaya (kedua kanan) melihat kondisi jembatan gantung bersama petugas Dinas PUPR. Foto: Rama /Radar Depok.
SURVEI LAPANGAN: Ketua LPM Kelurahan Tirtajaya (kedua kanan) melihat kondisi jembatan gantung bersama petugas Dinas PUPR. Foto: Rama /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, TIRTAJAYA – Jembatan gantung di atas Sungai Ciliwung yang menghubungkan wilayah Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, dengan Kelurahan Depok, Pancoranmas, butuh perbaikan.

Alasan mulai banyak yang patah. Begitu dengan bordes yang mulai berkarat. Termasuk sling jembatan yang harus dirawat ulang.

Ketua LPM Kelurahan Tirtajaya, Iriansyah, mengatakan sudah mengusulkan perbaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Belum lama ini sudah ditinjau juga sama bagian pemeliharaan Dinas PUPR. Untuk memastikan kalau jembatan memang butuh diperbaiki,” kata Iriansyah kepada Radar Depok.

Jembatan yang memiliki panjang 33 meter tersebut terakhir kali diperbaiki pada 2015. Usulan perbaikan, kata Iriansyah, LPM tidak ingin jembatan mengalami rusak lebih parah lagi.

“Daripada biaya perbaikan lebih banyak lagi yang dikeluarkan, lebih baik dilakukan pemeliharaan. Ini jembatan sejarah yang harus dirawat dengan baik,” katanya.

Menurut Iriansyah, selain badan jembatan yang diperbaiki, kaki jembatan juga harus diturap. Karena turap semakin tergerus aliran Sungai Ciliwung.

“Nggak mungkin biaya pemeliharaan dari swadaya masyarakat. Biaya yang dibutuhkan pasti banyak. Makanya kita usulkan ke dinas, masuk anggaran pemeliharaan,” katanya. (ram)