PENDEKATAN PERSUASIF: Anggota DPRD Depok, Azhari (tengah), membujuk Didi Zunaedi (kanan) agar mau dipindah ke panti sosial supaya mendapat kehidupan lebih layak. Foto: Ramam /Radar Depok
PENDEKATAN PERSUASIF: Anggota DPRD Depok, Azhari (tengah), membujuk Didi Zunaedi (kanan) agar mau dipindah ke panti sosial supaya mendapat kehidupan lebih layak. Foto: Ramam /Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, CISALAK – Didi Zunaedi, kakek tua berumur 82 tahun akhirnya dipindah petugas Dinas Sosial (Dinsos) dari tempat tinggalnya selama ini, di sebuah gubuk lahan makam keluarga RT06/07, Kelurahan Cisalak, Sukmajaya. Didi akan dibawa ke panti sosial

Di gubuk sangat tidak layak itu, Didi hidup seorang diri. Tanpa penerangan maupun air bersih.

“Istrinya sudah lama meninggal. Nggak punya anak. Tinggal di situ (gubuk, red) sudah bertahun-tahun,” kata anggota DPRD Kota Depok, Azhari.

Azhari lah yang meminta Dinsos agar memindahkan Didi ke panti sosial. Azhari mengetahui kondisi Didi menurut informasi dari masyarakat sekitar.

“Kesehatannya juga kurang baik. Perlu perawatan berlanjut. Karena memang faktor usia juga,” kata wakil rakyat asal dapil Kecamatan Sukmajaya ini.

Melalui pendekatan yang dilakukan, Didi akhirnya bersedia meninggalkan ‘rumahnya’ tersebut.

“Insya Allah di panti mendapatkan perawatan lebih layak. Saya juga mengimbau kepada pengurus lingkungan, kalau melihat sanak saudara dan warganya yang butuh penanganan seperti Bapak Didi, silakan infokan ke saya. Nanti akan saya tindaklanjuti ke dinas terkait. Karena pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan perhatian kepada setiap warganya,” pungkas politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sementara, Ketua RW07 Kelurahan Cisalak, Yusuf Sihite, berterima kasih kepada Dinas Sosial yang cepat merespons informasi dari warga untuk melakukan penanganan terhadap warganya.

“Terutama terima kasih kepada Pak Azhari yang sudah menindaklanjutinya ke instansi terkait. Semoga Pak Didi mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak dari ini (gubuk makam),” harap Yusuf.

Pemindahan ini dipimpin langsung Kepala Dinsos, Kania Parwanti. (ram)