TAMPIL: Band Cilik Mampang 3 saat tampil dalam acara Hardiknas yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Depok di halaman Balaikota, kemarin. Foto: Pebri /Radar Depok

 

TAMPIL: Band Cilik Mampang 3 saat tampil dalam acara Hardiknas yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Depok di halaman Balaikota, kemarin. Foto: Pebri /Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, PANCORANMAS – Tidak hanya konsen dalam pemmberian ilmu pengetahuan saja, tetapi di SDN Mampang 3, juga memberikan wadah seni untuk siswa–siswanya. Dimana, SDN yang berlokasi di Jalan Damai I, No.8, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas ini memiliki kegiatan ekstrakulikuler (ekskul) yang diberinama Band Cilik Mampang 3.

Kepala SDN Mampang 3, Tarkim Kuswandi mengatakan, ekskul seni tersebut adalah band siswa yang memiliki kemampuan untuk menggunakan alat musik. Jadi, ada siswa yang memainkan drum, gitar, gitar bas, keyboard, dan kemampuan menyanyi yang baik. Bahkan, untuk menambah keunikan dalam grup band, ada juga siswa yang memiliki ketrampilan memainkan marching bels.

“Untuk siswa kelas VI ada satu band, dan satu band lagi siswa kelas V. Jadi, di SDN Mampang ada tiga band cilik,” ucapnya kepada Radar Depok.

Tarkim menjelaskan, ekskul tersebut sudah ada di SDN Mampang 3 selama tiga tahun. Awalnya, yakni dari adanya salah seorang guru yang memiliki beberapa kelengkapan alat band. Lalu, guru tersebut ingin alat-alat tersebut bisa digunakan oleh siswa. Semenjak itu, setiap Rabu dan Sabtu, siswa dilatih untuk bisa meminkan alat tersebut.

“Tentunya, siswa yang ikut dalam ekskul grup band disesuaikan dengan kemampuan siswanya. Karena tidak semua siswa bisa memainkan alat musik band,” katamya.

Tarkim menuturkan, dengan adanya ekskul grup band memberikan warna baru dalam dunia pendidikan di sekolahnya. Karena, ekskul tersebut bisa menjadi ciri khas dari SDN Mampang 3. Apalagi, tidak semua SDN memiliki ekskul grup band.

“Semoga saja, kedepannya akan ada bantuan alat-alat band untuk SDN Mampang 3. Sehingga, bisa memiliki alat sendiri,” jelasnya. (peb)