Komisi B Setuju BBWSCC Patok Situ

In Politika
KONDISI SEKARANG: Situ Rawa Besar yang berada di Kelurahan Depok, Pancoranmas akan dilakukan pematokan oleh BBWSCC. Foto:Irwan/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Rencana Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) mematok batas luas 23 situ di Kota Depok, mendapat sambutan positif dari wakil rakyat di Depok. Seperti diketahui, rencana pematokan guna mencegah penyusutan luas situ yang tersisa.

“Sudah seharusnya apa yang dilakukan oleh BBWSCC dalam pematokan lahan situ di Depok. Untuk menjaga luas lahan situ yang ada,” ungkap Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Depok, Rienova Serry Donie, kepada Radar Depok, kemarin.

Tak dipungkiri bahwa Komisi B DPRD pernah melakukan pengecekan ke salah satu situ yang ada di Kota Depok. Walhasil, kondisinya ada pergeseran luasan situ yang berubah, tidak sesuai dengan luas situ berdasarkan siteplan yang ada.

“Kami sangat setuju BBWSCC melakukan pengecekan dan pematokan lahan situ. Sejak awal Komisi B mendorong untuk melakukan pematokan. Serta kami pun pernah beraudiensi dengan BBWSCC,  terkait setu-situ di Kota Depok,” ungkapnya.

Jika hasil pematokan lahan situ oleh BBWSCC, ada warga yang mengklaim memiliki sertifikat tanah sesuai siteplan, maka pemerintah harus segera mengambil langkah.

Caranya, dengan duduk bareng melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Negara (BPN) dan DPRD Kota Depok untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.  Apalagi sudah ada Peraturan Daerah (Perda) soal Pariwisata Alam, yang mengatur dan melindungi situ sebagai daerah resapan.

“Bila terjadi pergeseran lahan langkah yang dilakukan adalah duduk bareng antara Pemkot, DPRD, dan BPN,“ bebernya.

Lalu lanjutnya, Kota Depok memiliki visi dan misi kota yang nyaman, unggul, dan religius, tentunya dalam konteks untuk menyelesaikan permasalahan harus dilakukan kerjasama dengan komunikasi yang baik.

Terpisah, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Depok, Yuni Indriyani, meminta agar pematokan situ dilakukan semuanya: sebanyak 24 situ. “Ke depan, harapanya situ di Depok bisa dimanfaatkan setelah dipatok dan dijadikan destinasi wisata alam dan daerah resapan air,” terang dia. (irw)

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu