IKUT PEDULI: Lurah dan LPM Kelurahan Kemirimuka, foto bersama dengan anggota Komunitas Sahabat Ciliwung Mandala Suci Kebogerang usai pengukuhan, beberapa hari lalu. Foto: Ricky /Radar Depok.
IKUT PEDULI: Lurah dan LPM Kelurahan Kemirimuka, foto bersama dengan anggota Komunitas Sahabat Ciliwung Mandala Suci Kebogerang usai pengukuhan, beberapa hari lalu. Foto: Ricky /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, CIPAYUNG – Komunitas yang peduli terhadap kelestarian ekosistem dan kebersihan Sungai Ciliwung bertambah, dengan dikukuhkannya Komunitas Sahabat Ciliwung Mandala Suci Kebogerang, Minggu (30/4).

“Komunitas kami sudah dikukuhkan. Didukung lurah, LPM serta pengurus RT dan RW,” ujar Sekretaris Komunitas Sahabat Ciliwung Kebogerang, Syaiful, saat menyambangi kediaman Koordinator Sekber Sahabat Ciliwung di Kelurahan Ratujaya, Cipayung, kemarin.

Ia menjelaskan, komunitasnya dibentuk sebagai langkah upaya menjaga ekosistem Sungai Ciliwung dari kerusakan, seperti pencemaran limbah dan kerusakan lain yang disebabkan ulah manusia.

Tugas dari anggota komunitas Sahabat Ciliwung Mandala Suci Kebogerang nantinya menjaga, merawat dan melestarikan keberadaan kondisi Sungai Ciliwung.

“Komunitas kami memang berketempatan di Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji. Jadi anggotannya terdiri dari para pengurus ketua RW, Karang Taruna, PKK dan warga,” ujarnya.

Menurut Syaiful, Sungai Ciliwung memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai wisata sungai di mana saat kini diperjuangkan Sekber Sahabat Ciliwung bersama komunitas yang tergabung di dalamnya, seperti wisata arung jeram, jogging track, ikan baung yang merupakan populasi asli Sungai Ciliwung.

Sehingga, dengan dikukuhkannya Komunitas Sahabat Mandala Suci Kebogerang, akan semakin concern dan memiliki program yang terarah dalam upaya mengembangkan potensi sungai Ciliwung.

“Program awal yang dilakukan seperti melaksanakan kerja bakti di sekitar Sungai Ciliwung rencananya akan dilaksanakan setiap satu bulan,” ucap Syaiful.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Sekber Sahabat Ciliwung, Hidayat, mengaku bersyukur atas kepedulian warga bantaran terhadap sungai Ciliwung, sehingga dibentuk komunitas yang concern untuk berkegiatan, melestarikan serta menjaga kebersihan sungai.

“Dari Sekber sendiri memang butuh orang-orang yang peduli terhadap Ciliwung,” kata Dayat-sapannya.

Diakuinya, pihaknya memang tidak hanya merangkul komunitas yang ada, tetapi juga membentuk komunitas-komunitas di sepanjang aliran Sungai Ciliwung yang melintasi Depok. Karenannya, ia terbuka bagi siapa saja untuk terjun bersama dengan Sekber Sahabat Ciliwung, baik berkegiatan atau ingin melestarikan Sungai Ciliwung atau sungai-sungai yang ada di Kota Depok.

“Ini bukan untuk Sekber, tapi seluruh warga Depok. Saya ucapkan selamat atas dikukuhkannya Komunitas Sahabat Ciliwung Mandalawangi Kebogerang, semoga bisa terus bersinergi dengan Sekber untuk mewujudkan wisata sungai dan arung edukasi Ciliwung,” kata Dayat. (cky)