KP2SD Bersihkan Sampah di Pesanggrahan

In Metropolis

RADAR DEPOK.COM –Pasca hujan yang mengguyur Kota Depok, tak ayal membuat Kali Pesanggrahan dipenuhi sampah. Risih dengan kekotoran tersebut, Komunitas Peduli Kali Pesanggrahan Depok (KP2SD), membersihkan yang memenuhi Kali Pesanggrahan, kemarin.

Ketua KP2SD, Nurdiansyah mengatakan, hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu, menyebabkan Kali Pesanggrahan yang melintasi Kota Depok, khususnya dari Kecamatan Sawangan, Limo, hiingga Cinere mulai dipenuhi sampah. Akibatnya, arus air Kali Pesanggrahan tidak dapat mengalir dengan semestinya dan meluap namun tidak menyebabkan banjir. “Airnya sempat meluap dikarenakan banyak sampah yang menghambat jalannya air Kali Pesanggrahan,” ujar Nurdiansyah kepada Radar Depok.

Pria yang kerap disapa Nurdin mejelaskan, dari hasil larung dan pengecekan langsung, ditemukan dua titik penimbunan sampah. Sampah tersebut terdiri mulai dari sterofoam, plastik, kayu, dan sampah rumah tangga memenuhi permukaan air.

Untuk itu, sambung Nurdin anggota KP2SD bersatu padu membersihkan sampah yang berada dibawah jembatan Jalan Bandung. Tidak hanya itu, pihaknya dibantu sejumlah relawan lainnya yang ikut peduli akan Kali Pesanggrahan. Diantaranya Sekber Yayasan Sahabat Ciliwung, Depok Climbing Club, Padepokan Pencak Silat Cimacan, Pramuka Peduli Depok, dan sejumlah stake holder pemerintahan setempat. “Kami ingin, Kali Pesanggrahan bersih dari sampah dan kelestarian Kali Pesanggrahan tetap terjaga,” terang Nurdin.

Sementara itu, salah satu anggota KP2SD, Ina Rahayu Ginting menuturkan, menyayangkan banyaknya sampah yang memenuhi Kali Pesanggrahan. Hal itu dikarenakan, masih ada oknum masyarakat yang tidak peduli akan kebersihan kali. Sebagai pecinta lingkungan, dia merasa terpanggil guna membersihkan sampah di Kali Pesanggrahan.

“Sampah kalau terus dibiarkan didasar kali akan mengakibatkan pedangkalan kali dan musibah banjir,” ucap Ina. (dic)

You may also read!

donor darah katar kemirimuka

Katar Kecamatan Beji Beraksi, Donor Darah Diapresiasi

DONOR DARAH : Karang Taruna (Katar) Beji menggelar kegiatan donor darah di Kelurahan Kemiri Muka

Read More...
Dopamine kumpul-kumpul

HWI dan GITA Gelar Acara Temu Kreasi Anak Muda Kota Depok

UNJUK GIGI : Suasana saat para anak muda yang berbakat memperlihatkan karya seni mereka di

Read More...
Semburan air di cipayung

Ketua RT4/6, Cipayung : Kebocoran Air Tanah Sudah Biasa

LALAI : Terlihat sumber air bocor akibat dibor terlalu dalam oleh pengembang dari pengerjaan air

Read More...

Mobile Sliding Menu