LDK untuk Kemandirian Siswa

In Pendidikan

 

MANDIRI: Siswa TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere membersihkan sendiri piring yang digunakannya untuk makan dalam kegiatan LDK. Foto: Pebri /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, LIMO – TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk 42 siswa TK B. Kegiatan yang merupakan program unggulan TK tersebut, diadakan selama sehari pada Sabtu (20/5).

Kepala TK Tirtamarta BPK Penabur, Lasmawati Tampubolon mengatakan, tujuan dari kegiatan ini, agar siswa TK B saat lulus dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya sudah siap mental, dan bisa melakukan kegiatan sehari-hari tana dengan mandiri. Karena, selama kegiatan berlangsung, siswa mengerjakan semuanya sendiri, dengan pengawasn guru tentunya.

“Tidak hanya sekedar pengetahuan saja yang diberikan, tetapi karaktrer siswa juga dibentuk sejak dini. Kalau di TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere, salah satunya dengan LDK ini,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sementara itu, ketua panitia, Erni M Hutapea menuturkan, kegiatan diawali dengan ibadah bersama dan senam pagi serta sarapan bersama-sama. Siswa dibagi dalam enam kelompok, dimana perkelompoknya ada tujuh siswa dan 1 guru pendamping. “Setelah sarapan, baru siswa mengukuti berbagai macam permainan,” katanya.

Permainan yang diadakan, yakni mengisi pipa dengan air, dimana pipanya diberi lubang-lubang kecil. Ini mengajarkan tentang karakter tanggungjawab dan kerjasama. Lalu ada lagi permainan junggle fruit. Dimana dalam permainan ini, diajarkan tentang karakter kejujuran dan kerjasama. Ada beberapa makanan yang disediakan dalam ruangan tertutup dan di pasang CCTV, lalu dipantau apakah siswa makan buah tersebut, dan saat ditanya apakah jujur atau tidak.

“Semua permainan, tentunya ada penanaman nilai-nilai yang bisa membentuk karakter siswa secara mandiri, bertanggungjawab dan bisa bekerjsama,” katanya. (peb)

You may also read!

ojol disinfektan depok

Ojol Zaman Now : Disemprot Baru Terima Order

KEAMANAN : Pemeriksaan suhu dan penyemprotan disinfektan kepada ojol, di Posko keamanan Jalan Margonda, Kelurahan

Read More...
fanny lindungi diri

Fanny Lindungi Diri dengan JKN-KIS

PESERTA JKN-KIS : Warga Kota Depok Fanny Andriani Fauzi yang mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS.

Read More...
pembangunan perumahan dihentikan

Pembangunan Lima Rumah Distop Satpol PP Kota Depok

DISTOP : Kasi Tramtibum Kecamatan Limo, Abdullah bersama jajaran menyetop pembangunan lima rumah di RT1/5

Read More...

Mobile Sliding Menu