KONDISI SEKARANG: Kondisi Pasar Kemirimuka saat ini yang direncanakan akan dikosongkan pada 11 Mei. Foto: Irwan /Radar Depok
KONDISI SEKARANG: Kondisi Pasar Kemirimuka saat ini yang direncanakan akan dikosongkan pada 11 Mei. Foto: Irwan /Radar Depok

RADAR DEPOK.COM  Ketua Komisi B DPRD Kota Depok, Hermanto meminta Pemkot Depok bisa bergerak cepat akan nasib para pedagang di Pasar Kemirimuka.

Seperti diketahui, pada Kamis (11/5), pasar akan dikosongkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Kota Depok atas permintaan PT Petamburan Jaya Raya, yang memenangkan gugatan kepemilikan lahan pasar atas Pemkot Depok.

“Mau dikemanakan para pedagang Pasar Kemirimuka. Mereka selama ini sudah tahunan berjualan. Jika jadi dikosongkan, pedagang mau jualan dimana ?,” kata Hermanto, kepada Radar Depok, kemarin.

Ia pun mendesak kepada dinas terkait, guna mencari solusi untuk menyelesaikan nasib para pedagang. “Padahal itu (Pasar Kemirimuka) aset Pemkot. Masa bisa seperti itu. Saran saya, pedagang Pasar Kemirimuka jangan sampai terlantar,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyarakan, pedagang pasar dapat direlokasi ke tempat sementara. Agar setidaknya pedagang bisa melanjutkan usaha berdagangnya.

“Apakah di Pasar Sukatani, Cisalak Pasar, dan tempat lain ?. Harus segera mungkin dicarikan solusinya,” tegasnya.

Ia menambahkan, rencana dari pemkot Depok akan membuat pasar di wilayah barat Depok seperti Sawangan dan Bojongsari kini belum terealisasi. Untuk itu, ia akan berjanji mempertanyakan soal rencana pembangunan tersebut.

“Kami pertanyakan itu, jangan hanya wacana belaka,” tegasnya.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Seluruh Indonesia, Komisariat Pasar Kemirimuka, Karno Sumardo menegaskan, pedagang Pasar Kemirimuka akan siap melawan pelaksansaan pengosongan atau penggusuran.

“Kalau digusur atau dilakukan pengosongan kami dan pedagang lainnya akan melakukan perlawanan untuk mempertahankan lokasi Pasar Kemirimuka,” ungkap Karno.

Kata dia, rencananya sebanyak 4000 pedagang akan turun guna menghentikan rencana tersebut. “Apabila benar dikosongkan, maka pedagang pasar akan konsentrasi melawan eksekusi,” pungkasnya. (irw)