TELITI: Bagus Senjaya Wardana saat sedang melakukan pengecekan terhadap salah satu akuarium miliknya. Foto:Ade/Radar Depok
TELITI: Bagus Senjaya Wardana saat sedang melakukan pengecekan terhadap salah satu akuarium miliknya. Foto:Ade/Radar Depok

Pebisnis Ikan Hias di Bojongsari, Bagus dan Tegar

Siapa sangka, usaha budidaya ikan hias yang digeluti Bagus Senjaya Wardana dan saudaranya Tegar, sudah sampai ke berbagai negara seperti Singapura, Cina, dan Thailand. Bagaimana cara Bagus dalam mengelola bisnis ikan hiasnya.

LAPORAN: ADE RIDWAN YANDWIPUTRA

Di rumah yang terletak di RT03/06, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, ratusan akuarium ditempatkan dalam suatu ruangan. Ratusan akuarium tersebut, berisi ikan-ikan hias yang sangat indah dipandang mata.

Bagus Senjaya Wardana anak muda yang masih berusia 24 tahun, terlihat sedang mengecek setiap akuarium dan memberikan makan kepada ikan-ikan hias tersebut. Tak kurang ada 100 akuarium yang ia miliki.

“Saya jalankan bisnis ini, belajar dari orang tua yang juga besar karena berbisnis, dan pilih ikan hias karena lebih menggiurkan,” katanya.

Terbukti, dalam setahun belakangan, omset rata-rata bersih yang ia miliki dalam sebulan, seperti gaji seorang pegawai yakni Rp5 juta per bulan. “San ini baru merintis, kedepan mungkin saya akan mengembangkan usaha ini lebih besar,” katanya.

Ikan-ikan hias yang ia budidaya adalah Cardinal Tetra dan Neon Tetra, yang ia jual per ekornya Rp125. “Salam sebulan rata-rata saya menjual kurang lebih 60.000 ekor ikan,” katanya.

Bagus mengatakan, menjalankan bisnis budidaya ikan hias ini, susah susah gampang. Pasalnya, harus tekun dan teliti. Salah-salah perawatan saja, rugi yang akan didapat. “Merawat ikan hias ini susah-susah gampang. Seperti bermain suhu udara, teknik peneluran dan sebagainya. Semua itu saya belajar dari orang tua, dan improvisasi saya sendiri,” katanya.

Sementara itu, Lurah Curug, Juanda mengatakan, bisnis ikan hias yang dilakukan oleh Bagus merupakan bisnis ikan hias terbesar di Kota Depok.

“Bisnis ikan hias ini pangsa pasarnya hingga internasional, dan ini merupakan kebanggan, karena salah satu bisnis ikan hias terbesar di Kota Depok,” katanya. (*)