BERAKSI : Anggota KP2D tengah beraksi memantau Kali Pesanggrahan dengan mengunakan perahu karet, beberapa waktu lalu. Foto: Dicky/Radar Depok
BERAKSI : Anggota KP2D tengah beraksi memantau Kali Pesanggrahan dengan mengunakan perahu karet, beberapa waktu lalu. Foto: Dicky/Radar Depok

Mengintip Aksi Komunitas Peduli Kali Pesanggarahan Depok (3-Habis)

Guna mendukung misi KP2D menjaga kelestarian Kali Pesanggrahan, KP2D tengah menyiapkan sejumlah program kegiatan aksi yang dilaksanakan secara rutin. Salah satunya melaksanakan penyelurusan pemantauan Kali Pesanggrahan dengan menggunakan perahu karet.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sejuknya angin yang berhembus dan tenangnya air yang mengalir di Kali Pesanggrahan, membuat rasa cinta KP2D terhadap kali Pesanggrahan semakin meningkat. Sejumlah anggota KP2D tengah sibuk dengan menyiapkan beberapa peralatan sebelum menjalankan aksinya mengarungi Kali Pesanggrahan.

Ditengah kesibukannya menyiapkan peralatan, Ketua KP2D, Nurdiansyah mengatakan, melaksanakan pelestarian Kali Pesanggrahan tidak melulu dilakukan penanaman pohon maupun membersihkan sampah disekitar bantaran Kali Pesanggrahan. Pihaknya, perlu terjun langsung ke Kali Pesanggrahan dengan mengarungi sepanjang Kali Pesanggrahan dengan menggunakan perahu karet.

“Kalau anggota sudah kumpul, kami akan mengarungi Kali Pesanggrahan dengan perahu karet,” ujar Nurdin.

Usai mengarungi Kali Pesanggrahan, Nurdin mengungkapkan, mengarungi Kali Pesanggrahan merupakan salah satu program kerja KP2D menjaga Kali Pesanggrahan. Dengan mengarungi Kali Pesanggrahan, pihaknya akan mengetahui sejauh mana dan hal apa yang harus dikerjakan KP2D. Hasilnya, KP2D menemukan sejumlah sampah yang menyangkut disekitar pinggir kali yang tertahan akar pohon dan titik pembuangan sampah yang dilakukan oknum masyarakat.

Nurdin menjelaskan, selain melaksanakan aksi kegiatan yang besentuhan langsung kepada kali Pesanggrahan, KP2D tengah menjalankan program sosialisasi kepada masyarakat sekitar Kali Pesanggrahan. KP2D berusaha mengetuk hati masyarakat sekitar bantaran untuk ikut peduli dengan alam disekitar tempat tinggal, terutama di Kali Pesanggrahan. Secara perlahan, dia mengingatkan kepada masyarakat bahwa Kali Pesanggrahan memiliki potensi guna dijadikan wisata alam.

“Masyarakat harus tahu, bahwa Kali Pesanggrahan itu hidden paradise river Pesanggrahan,” terang Nurdin.

Tidak ingin dianggap hanya isapan jempol, sambung Nurdin setiap akan melaksanakan aksi, pihaknya menggandeng masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan. Sehingga masyarakat akan mengetahui maksud dan tujuan misi KP2D dalam menjaga dan melestarikan Kali Pesanggrahan. Dengan begitu, masyarakat akan enggan mengulangi perbuatan yang dapat merusak kelestarian Kali Pesanggrahan.

“Masyarakat akan sadar, bahwa Kali Pesanggrahan memiliki banyak arti dan manfaat didalam kehidupan manusia,” tutup Nurdin. (*)