NGECREK: Beberapa pemuda sekitar terlihat membantu memperbaiki jalan Muhtar dengan menggalang dana dari pengendara. Foto:Ade/Radar Depok
NGECREK: Beberapa pemuda sekitar terlihat membantu memperbaiki jalan Muhtar dengan menggalang dana dari pengendara. Foto:Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , SAWANGAN – Jalan rusak selama bertahun tahun, turut membuat pengguna jalan geram terlebih bagi warga sekitar. Berangkat dari hal tersebut, pemuda dari RT01/07, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan berinisiatif menggalang dana dari pengguna jalan guna merapihkan jalan tersebut.

Salah satu pemuda, Septian (27) mengaku, penggalangan dana yang sudah dilaksanakan selama 5 hari, merupakan bentuk kepedulian dirinya terhadap jalan yang sangat banyak dilintasi tersebut.

“Jalan ini sangat aktif. Kasihan kalau jalan rusak ini, luput dari perhatian, makanya kami inisiatif galang dana,” katanya kepada Radar Depok.

Jalan yang lebarnya sekitar 10 meter dengan panjang 50 meter tersebut, mengalami kerusakan dibeberapa titik. Sehingga, cukup mengganggu pengguna jalan. “Kalau hujan apalagi, genangan dimana-mana karena tidak ada saluran airnya,” lanjutnya.

Dengan mengandalkan ember, septian dan teman-temannya yang rata-rata adalah pemuda, mengecrek setiap hari demi menjadikan jalan tersebut rapih kembali. “Karena sifatnya swadaya, jadi seadanya, hanya sesuai kemampuan kami,” katanya.

Pemuda lainnya, Rafi Rasyidian (18) mengatakan, dirinya mengaku senang dengan aktifitasnya tersebut. Pasalnya, dengan begitu dirinya dapat membantu pengguna jalan, “Ini merupakan inisiatif saya dan tidak ada paksaan. Saya bersyukur, kami sudah bisa sedikit menambal lubang-lubang dengan dana ini,” katanya.

Meskipun begitu, Rafi dan beberapa pemuda lainnya yang turut mengecrek tetap berharap agar pemerintah dapat memperhatikan aktifitasnya.

“Ini demi kebaikan masyarakat, dan juga merupakan salah satu tanggungjawab pemerintah. Kami berharap pemerintah dapat melihat dan membantu,” pungkasnya. (ade)