Pengemis, Anjal, Pengamen Ditertibkan

In Metropolis
DITERTIBKAN : Satpol PP bersama dengan Dinsos Kota Depok, saat menertibkan pengemis di jalan pintu masuk Stasiun Depok Kelurahan Depok Kecamatan Pancoranmas, kemarin. Foto:Dicky/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM–Puluhan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) : pengemis, anak jalanan (anjal), hingga pengamen lari tunggang langgang, kemarin. Korps penegak perda dan Dinas Sosial (Dinsos) menyebar menertibkan PMKS, demi Ramadan di Depok tanpa gangguan.

Kasat PolPP Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin mengatakan, pelaksanaan penertiban PMKS dalam upaya antisipasi kedatangan PMKS dari luar Kota Depok. Guna lebih mengoptimalkan operasi PMKS, Satpol PP bersama Dinsos Kota Depok melaksanakan operasi bersama. Dan menyebar ke seluruh wilayah Kota Depok.

“Operasi PMKS gabungan Dinsos, kami yang menertibkan dan Dinsos yang menindaklanjuti,” ujar Dudi kepada Radar Depok, kemarin.

Dudi menjelaskan, operasi gabungan PMKS dibagi dua regu, yaitu regu barat dan regu timur. Dari hasil tersebut, terjaring sejumlah puluhan PMKS yang terdiri dari pengemis, anak jalanan, hingga pengamen. PMKS tersebut didapatkan di sejumlah titik lampu merah, jalan pintu masuk menuju Stasiun Depok, dan sejumlah tempat lainnya.

Dudi menuturkan, akan terus melaksanakan penertiban Perda No16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum. Selain PMKS, dia meminta kepada ojek online guna tidak menggunakan bahu jalan sebagai tempat menunggu penumpang.  “Himbauan kepada ojek online merupakan salah satu penegakan Perda No16 Tahun 2012,” terang Dudi.

Sementara, Kepala Dinsos Kota Depok, Kania Parwanti mengungkapkan, puluhan PMKS berhasil diamankan dalam operasi gabungan Satpol PP dan Dinsos. Puluhan PMKS yang terjaring penertiban, dilaksanakan pendataan guna mengetahui identitas asal PMKS. Dia mengakui, tak menutup kemungkinan menjelang Ramadan akan banyak PMKS di Kota Depok, sehingga pihaknya melaksanakan penertiban guna mengantisipasi hal tersebut.

Kania mengatakan, setelah dilaksanakan pendataan, sejumlah PMKS yang terdiri dari pengemis, anak jalanan, hingga pengamen akan diberikan pembinaan. Apabila PMKS tersebut berusia muda, akan dikembalikan kepada orangtua, dan PMKS yang berasal dari luar Kota Depok, akan dikembalikan ketempat asal PMKS tersebut.

“Untuk pemulangan PMKS asal luar Depok, akan dipulangkan melalui Kemensos tingkat Provinsi Jawa Barat,” tutup Kania. (dic)

You may also read!

turap longsor GDC

Hujan Lebat, Turap Beton Sepanjang 15 Meter di GDC Ambrol

TURAP AMBROL : Kondisi turap beton yang jebol akibat hujan deras yang mengguyur Kota Depok

Read More...
donor darah katar kemirimuka

Katar Kecamatan Beji Beraksi, Donor Darah Diapresiasi

DONOR DARAH : Karang Taruna (Katar) Beji menggelar kegiatan donor darah di Kelurahan Kemiri Muka

Read More...
Dopamine kumpul-kumpul

HWI dan GITA Gelar Acara Temu Kreasi Anak Muda Kota Depok

UNJUK GIGI : Suasana saat para anak muda yang berbakat memperlihatkan karya seni mereka di

Read More...

Mobile Sliding Menu