SDA Fokus Normalisasi Saluran

In Metropolis
DIBERSIHKAN : Petugas SDA Dinas PUPR bersama dengan Lurah Bedahan, Muhammad Sahal, saat membersihkan saluran air di depan komplek BNI Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan, Selasa (17/5). Foto:Dicky/Radar  Depok

RADAR DEPOK.COM – Beres menormalisasi sejumlah situ di Kota Depok. Kini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, fokus mengeruk saluran air. Normalisasi saluran air dilaksanakan, guna mengembalikan fungsi saluran untuk menghindari terjadinya genangan air yang diakibatkan sampah dan pendangkalan saluran.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, Dinas PUPR tengah berupaya maksimal guna menekan jumlah titik genangan, maupun wilayah yang kerap terdampak banjir maupun genangan saat turun hujan maupun pasca hujan. Untuk itu, pihaknya tengah melaksanakan normalisasi saluran air.

“Sebelumnya kami telah melaksanakan normalisasi sejumlah situ di Kota Depok,” ujar Citra kepada Radar Depok, kemarin.

Citra menjelaskan, sebelumnya di Kota Depok terdapat 54 titik genangan, dan berkurang menjadi 39 titik genangan. Guna mengurangi jumlah genangan, pihaknya terus berupaya melaksanakan normalisasi saluran. Tidak hanya kali, Satgas SDA melaksanakan normalisasi saluran di lingkungan masyarakat, salah satunya saluran air di depan komplek BNI Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan, yang banyak ditemukan sampah menyangkut dibawah jembatan.

Selain itu, sambung Citra, pihaknya melaksanakan normalisasi di Kali Krukut di Kecamatan Limo. Normalisasi saluran air bertujuan guna menampung air apabila terjadi turun hujan, maupun pasca hujan limpahan dari sejumlah saluran ditengah masyarakat. Tidak hanya itu, PUPR akan merespon pengaduan masyarakat dengan menangani secara perlahan.

“Kami berharap, tahun ini ada penurunan titik genangan yang cukup signifikan,” terang Citra.

Sementara itu, Lurah Bedahan, Muhammad Sahal mengapresiasi Satgas SDA PUPR yang merespon keluhan masyarakat. Menurutnya, sejumlah sampah yang menumpuk di depan komplek Perumahan BNI, dikarenakan tersangkut dibawah jembatan yang menghubungkan jalan lingkungan dengan akses perumahan BNI.

Sahal mengatakan, sampah yang berada disaluran hanyut terbawa arus air dari wilayah hulu, dan menyangkut jembatan Perumahan BNI. Aparatur Kelurahan Bedahan telah menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan melaksanakan pemilahan sampah. Hal itu disampaikan, saat melaksanakan pertemuan kegiatan lingkungan bersama masyarakat maupun melalui pengurus lingkungan.

“Kami berusaha menciptakan kebersihan lingkungan dan meminta pengurus lingkungan mengajak warga melaksanakan kerja bakti,” tutup Sahal. (dic)

You may also read!

Semburan air di cipayung

Ketua RT4/6, Cipayung : Kebocoran Air Tanah Sudah Biasa

LALAI : Terlihat sumber air bocor akibat dibor terlalu dalam oleh pengembang dari pengerjaan air

Read More...
Semburan air di cipayung

Dibor 175 Meter, Sumber Air Warga Cipayung Bocor

LALAI : Terlihat sumber air bocor akibat dibor terlalu dalam oleh pengembang dari pengerjaan air

Read More...
Diskominfo depok

Depok Siapkan Rumah Singgah Covid-19 di Pondok Cina

TANGANI COVID-19 : Koordinator Komunikasi Publikasi Penanganan Gugus Tugas Covid 19 Kota Depok, Sidik Mulyono.

Read More...

Mobile Sliding Menu