SYUKURAN: Kepala sekolah, ketua panitia dan siswa saat prosesi khataman dan imtihan ke-3 SDIT Darojaatul Uluum. Foto:Indah/Radar Depok
SYUKURAN: Kepala sekolah, ketua panitia dan siswa saat prosesi khataman dan imtihan ke-3 SDIT Darojaatul Uluum. Foto:Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , CINERE – SDIT Darojaatul Uluum menggelar khataman dan imtihan Al-Quran ke-3. Bertempat di auditorium Gedung BPSDM Hukum dan HAM Jalan Raya Gandul No.4, Kecamatan Cinere, Sabtu (29/4).

Total peserta mencapai 85 siswa yang terdiri dari kelas IV, V dan VI. Tiga kategori khataman dan imtihan, di antaranya tartil, tahfiz juz 29 dan 30.

“Kategori tartil ada 68 siswa, tahfiz juz 29 11 siswa dan tahfiz ke 30 ada 6 siswa,” kata ketua pelaksana, Syam Hariyadi, kepada Radar Depok.

Menurut Syam, beberapa hari sebelum pelaksanaan, para siswa diuji oleh enam penguji dari Ummi Foundation.

Setelah siswa menuntaskan materi dan lulus, siswa berhak mengikuti prosesi khataman dan imtihan tersebut. Tidak peduli siswa kelas berapapun.

“Tiap siswa ada enam penguji. Yang berhak mengikuti ini artinya sudah menuntaskan materi. Jika kelas IV sudah layak maka kita ajukan. Begitupun kelas VI, kalau belum layak nggak bisa kita ajukan,” katanya.

Imtihan merupakan uji publik. Saat acara berlangsung, siswa diuji oleh tamu undangan yang hadir dan orangtua, dipandu pihak Ummi wilayah Depok.

“Dimulai dari siswa membaca surat At Takatsur hingga Al Baqarah. Setelah itu diuji, orangtua dan tamu undangan boleh menguji siapa saja. Tapi tidak semua diuji, namanya dikocok,” kata Syam.

Kepala SDIT Darojaatul Uluum, Ulil Amri, berharap peserta akan lebih banyak untuk tahun selanjutnya serta acara lebih meriah.

“Harapannya peserta bisa lebih banyak lagi dari tahun ini dan sebelumnya,” singkat Ulil. (ind)