Kaldera Eri Trinurini Adhi Wakil Ketua Panitia Sedekah Bumi 2

 

Kaldera Eri Trinurini Adhi
Wakil Ketua Panitia Sedekah Bumi 2

RADAR DEPOK.COM, TAPOS – Guna memeriahkan HUT ke-18 Kota Depok, warga Kelurahan Jatijajar, Tapos, bersama LSM dan sejumlah komunitas lingkungan seni Kota Depok, akan menggelar kegiatan syukuran dengan nama Sedekah Bumi ke-2, Sabtu (6/5) di Situ Jatijajar.

Wakil Ketua Panitia Sedekah Bumi 2, Eri Trinurini Adhi, menyebutkan dalam rilis yang diterima Radar Depok, kegiatan sedekah bumi terbuka bagi seluruh warga Kota Depok.

Dimulai dengan dialog budaya sedekah bumi, melarung ikan, penghijauan, lomba mewarnai wayang untuk anak-anak, atraksi seni budaya dari berbagai daeraah, hingga lomba tumpeng antar RW.

“Selain itu ada edukasi lingkungan melalui pertanian organik dan hidroponik. Puncak acaranya pagelaran wayang kulit dengan lakon Sesaji Rajasuya dari Sanggar Seni Mirah Budaya,” kata Eri yang juga Koordinator Taman Kaldera.

Kegiatan ini lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian warga terhadap lingkungan serta seni dan budaya. Salah satu aspek lingkungan yang menjadi perhatian adalah masalah pemeliharaan situ di sekitar Depok. Lokasi strategis Kota Depok sebagai penunjang Jakarta, dapat menjadi ancaman terhadap kelestarian situ dan ruang terbuka hijau lainnya.

Hal ini sudah mulai terasa dengan sedang dibangunnya terminal di Kelurahan Jatijajar. Terminal baru seluas 6,4 ha ini akan menampung angkutan kota, bis antar kota dalam propinsi dan antar kota antar propinsi.

“Lokasi terminal yang bersebelahan dengan situ Jatijajar dikhawatirkan oleh warga dapat berdampak pada pencemaran air situ yang banyak menjadi area pemancingan dan rekreasi bagi masyarakat setempat,” katanya.

Sementara itu, Paguyuban Serumpun Orang Jatijajar (SAROJA), berharap pemerintah kota memberikan solusi terhadap pembuangan limbah terminal dan dampak sosial lainnya. Warga kota Depok yang heterogen memiliki keragaman budaya. Selain budaya Betawi, diaspora budaya Jawa dan budaya Nusantara juga berkembang di tengah masyarakat.

“Sedekah Bumi 2 bertujuan membangun kesadaran terhadap kelestarian lingkungan serta seni dan budaya. Hal ini digagas Rumah Cinta Wayang dan Taman Kaldera Indonesia,” ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan gotong royong, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok, Paguyuban Seroja, Sanggar Seni Mirah Budaya, Rumah Buruh Depok dan Komunitas Hijau Depok, FIB-UI dan relawan Depok.

“Seluruh mitra Sedekah Bumi 2 Depok menyerukan agar Pemerintah Kota Depok lebih memberikan perhatian dan komitmen kepada penataan kawasan hijau dan pengembangan seni budaya,” pungkasnya. (gun)