HARU : Siswa sungkem dengan Ketua Yayasan dan jajaran guru saat wisuda dan pelepasan peserta didik SMK Asy Syifa Jalan Pekapuran Gang Bungur RT06/02 Kelurahan Sukatani, Tapos. Foto: Ricky /Radar Depok.

 

HARU : Siswa sungkem dengan Ketua Yayasan dan jajaran guru saat wisuda dan pelepasan peserta didik SMK Asy Syifa Jalan Pekapuran Gang Bungur RT06/02 Kelurahan Sukatani, Tapos. Foto: Ricky /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, SUKATANI – SMK Asy Syifa mewisuda dan melepas 98 peserta didik dari jurusan Rekayasa perangkat lunak (RPL) dan Teknik Sepeda Motor (TSM) di halaman sekolah Jalan Pekapuran Gang Bungur RT06/02 Kelurahan Sukatani, Tapos kemarin.

“Alhamdulillah kami mewisuda 98 siswa hari ini (kemarin. Red), ini merupakan angkatan ke 6, dari RPL maupun TSM,” tutur Kepala SMK Asy Syifa El Manan.

Menurutnya, melepas siswa sampai angkatan ke-6 masih terbilang muda untuk usia sekolah. Sehingga masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki dan banyak membutuhkan saran dari orangtua murid.

“Untuk membentuk sekolah yang berkualitas, tentunya kami terus berbenah dan memperbaiki sistem yang ada. Saran dari mana pun selama positif dan membangun akan kami terima dengan senang hati,” kata Manan.

Kendati demikian, lanjut Manan, SMK Asy Syifa pada 2017 sudah berbasis IT dalam ujian, ulangan dan lainnya. Kata dia, SMK AS Syifa mengutamakan output yang siap bekerja, meski ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan kuliah sambil bekerja.

“Output lulusan kami seluruhnya siap kerja,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya tengah menjalin kerjasama untuk magang ke perusahaan Taiwan dan Jepang dengan periode waktu tiga tahun.

“Jika bagus akan diperpanjang. Bagi mereka yang ingin memgembangkan diri dan berminat di asramakan di sana. Ini kesempatan masih muda bisa berkarya di luar,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut Manan, dari perusahaan Yamaha sedang mengkader lulusan agar bisa ditempatkan di Yamaha Indonesia Manufaktur. Saat ini, sebanyak 30 orang akan mengikuti seleksi dan  rekruitmen 9 Mei.

“Kerjasama dengan PT Yamaha untuk Bisnis Center. Saat ni proses training untuk karyawan bisnis center, karyawan dari siswa. Dimana di sekolah membuka semacam dealer,” tandasnya..

Ketua Yayasan H. Samin Ahmad berharap, para lulusan SMK Asy Syifa setelah mengikuti pendidikan selama 3 tahun diharapkan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dan bagi yang ingin menambah ilmu dapat ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Saya berharap, seluruh lulusan ini dapat bekerja dan berkarya, baik di Depok atau pun di daerah. Selain itu, dapat menjaga almamater, sehingga kedepannya dapat terus menjalin komunikasi baik dengan pihak sekolah maupun adik kelasnya,” kata H. Samin.

Perwakilan orangtua, Roni Setyanto mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mendidik siswa selama tiga tahun.

“Saya terharu, meski acaranya sederhana tapi berlangsung dengan khidmat.  Mungkin banyak kesalahan dari anak, saya memohon maaf. Dan saya berharap setelah lulus anak saya bisa mandiri terjun ke dunia usaha,” kata Roni.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas informasi magang dan peluang kerja yang diberikan pihak sekolah dengan menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan.

“Semoga kedepannya Asy Syifa semakin maju, baik dengan peningkatan kompetensi, karekter sekolah, sarana prasarana dan lulusannya, karena kedepannya persaingan akan semakin berat,” tandasnya. (cky)