KOREKSIAN JALAN : Camat Pancoranmas, merencanakan pembuatan underpass di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas, karena kerap macet. Foto:Raisa/Radar Depok
KOREKSIAN JALAN : Camat Pancoranmas, merencanakan pembuatan underpass di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas, karena kerap macet. Foto:Raisa/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , PANCORANMAS – Kondisi perlintasan rel kereta di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas, yang masih berlubang di beberapa sisinya, menurut Camat Pancoranmas, Utang Wardaya, meski sudah diperbaiki Pemkot Depok sebagian, tetapi masih menjadi tugasnya untuk mengevaluasi perbaikan tersebut.

Utang menjelaskan, ada beberapa solusi untuk permasalahan di Jalan Dewi Sartika tersebut. Salah satunya, adalah underpass. Tetapi, solusi tersebut masih berupa perencanaan, karena anggaran yang belum pasti untuk merealisasikan solusi tersebut.

“Sekarang ini, dari Kecamatan Pancoranmas, harus malaporkan perencanaan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), guna mengurangi masalah kemacetan di Jalan Dewi Sartika,” ucap Utang, kemarin.

Utang menjelaskan, banyak yang harus dikoordinasikan untuk perencanaan. Mulai berkaitan dengan pengamanan dan juga keselamatan lalu lintas, terutama koordinasi dengan pihak PT. KAI. Karena, jalan tersebut masuk dalam ranah PT. KAI.

Utang menjelaskan, Pemkot Depok telah menyampaikan kebijakan kepada pihaknya. Pada lima tahun kedepan, ada dua pilihan solusi untuk Jalan Dewi Sartika. Apakah akan dibuat flyover atau underpass. Namun, pihak Kecamatan Pancoranmas masih belum menerima secara resmi komitmen tersebut, karena harus melihat sistem anggaran yang belum mencukupi

“Kajian secara teknis sudah ada, namun harus didiskusikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat atau pemerintah pusat. Karena kebijakan tersebut, harus masuk dalam skema APBD Kota Depok. Dan pembebasan lahannya, belum secara detail terprogramkan dalam kegiatan anggaran,” katanya. (mg1)