BERLATIH: Kepala sekolah dan guru, latihan degung menyambut Hari Pendidikan Nasional. Foto:Indah/Radar Depok
BERLATIH: Kepala sekolah dan guru, latihan degung menyambut Hari Pendidikan Nasional. Foto:Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , SUKMAJAYA – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) jatuh pada hari ini, Selasa (2/5). Perayaan akan dilakukan untuk memeriahkannya. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menyelenggarakan di Lapangan Balai Kota, Jalan Margonda Raya No.54, Kecamatan Pancoranmas.

Unit Pelaksana Teknis Pendidikan (UPTP) Kecamatan Sukmajaya diminta Disdik untuk menampilkan kesenian degung dalam upacara menyambut Hardiknas.

“Kita sedang persiapkan. Karena kami menjadi juara pertama Lomba Degung Kota Depok dan Penabuh Degung terbaik tingkat Kota Depok tahun 2016,” kata Koordinator Degung PGRI Kecamatan Sukmajaya, Nana Marlina, kepada Radar Depok.

UPT Sukmajaya memiliki dua tim degung yang terdiri dari tim kepala sekolah dan guru. Namun, untuk menyambut Hardiknas kali ini, dipilih yang siap untuk tampil.

“Ini yang siap tampil, jadi campur. Menurut saya seni itu hobi. Memang kita berangkat hobi yang sama, karena kalau berangkat dari hobi mudah untuk mengkondisikannya,” ujarnya.

Dalam satu tim kesenian degung ada delapan orang. Tidak sulit untuk berlatih degung bersama tim itu. Cukup tiga kali latihan, tim degung UPTP Kecamatan Sukmajaya menyatakan siap tampil.

“Ini latihan pertama, kita akan latihan dua kali lagi. Tinggal menambah lagu baru, tabuhan atau pukulan yang baru. Kalau dasarnya mereka sudah menguasai semua. Kebetulan kita punya waktu penampilan dari jam 07:00 sampai 08:00,” tutup Nana. (ind)