NGABUBURIT: Alumni Pesantren Al-Kahfi saling berbagi takjil di  Simpang Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Margonda, kemarin. Foto: Raisa /Radar Depok
yamaha-nmax

 

NGABUBURIT: Alumni Pesantren Al-Kahfi saling berbagi takjil di  Simpang Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Margonda, kemarin. Foto: Raisa /Radar Depok

RADAR DEPOK.COM  Ramadan adalah bulan berbagi. Sekecil apapun kebaikan, akan dibalas pahala besar oleh Allah SWT. Yang paling mudah, salah satunya, memberikan makanan buat orang yang berpuasa.

Hal inilah yang disadari betul oleh alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Kahfi. Kemarin, sembari menunggu waktu berbuka, mereka membagikan takjil (makanan ringan) kepada pengendara yang melintas di Jalan Margonda.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 17:20 WIB, sampai waktu berbuka tiba. Ada 20 orang yang terlibat dalam aksi ini. “Tentu kami ingin mencari berkah Ramadan,” ujar Koordinator aksi, Ahdan Shidqi, kepada Radar Depok.

Adapun donasi pengadaan takjil, kata dia, berasal dari urunan para alumni, termasuk dari orangtuanya.

Baca Juga  Perdana, 1.275 Buku Terkumpul

“Turut melibatkan orang tua kami,” terangnya.

Program bagi-bagi takjil ini, dilakukan oleh organisasi alumni silaturahim alumni Pesantren Terpadu Al-Kahfi. Artinya, serentak dilakukan di sejumlah wilayah. Ada 13 titik. “Sebetulnya ada alumni yang di luar negeri. Namun karena disana sulit dilakukan (bagi takjil), makanya cuma dilaksanakan di dalam negeri.

“Kalau pada hari ini (kemarin), di Depok, Bogor, dan Jawa Timur. Selanjutnya menyusul akan dilakukan di Bandung pada (11/6),” tambahnya.

Ahdan menuturkan, kegiatan ini bukan tanpa kendala. Minimnya anggaran menjadi penghambat utama. Karena kegiatan ini terselenggara di pertengahan bulan, sehingga dana sangat minim.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau terkait sistem pembagian takjil ini lebih baik dari dua tahun sebelumnya, karena spanduk sendiri sudah satu desain untuk seluruh daerah,” pungkasnya. (mg1)

Baca Juga  BSKS Edukasi Warga Pilah Sampah