RESMIKAN: (Kedelapan dari Kanan) Camat Sawangan, Zaenudin saat meresmikan lahan pertanian di kawasan RW03, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan. Foto: Ade /Radar Depok.
RESMIKAN: (Kedelapan dari Kanan) Camat Sawangan, Zaenudin saat meresmikan lahan pertanian di kawasan RW03, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan. Foto: Ade /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, SAWANGAN – Maraknya tingkat kriminalitas yang dilakukan oleh para remaja dewasa ini, membuat cemas berbagai kalangan. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikannya ruang kepada pemuda tersebut untuk berkarya. Hal itu diungkapkan oleh salah satu tokoh pemuda Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Rinto Budiman.

Menurut Rinto, energi pemuda sudah sepatutnya diarahkan ke sisi positif, dengan penghijauan yang salah satunya dengan menanam. Beberapa tokoh pemuda di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan membuat suatu gerakan, mereka menyebut gerakan ini Sahabat Pemuda Petani. Kegiatan tersebut, mengumpulkan seluruh pemuda di Kelurahan Cinangka untuk membudidayakan pisang yang digadang-gadang, merupakan jenis terbaik saat ini, yakni, Pisang Cavendish (pisang Sunpride).

Rinto mengatakan, program Sahabat Pemuda Petani merupakan salah satu turunan dari program Kecamatan Sawangan dan Kota Depok, yaitu Depok Sahabat Petani. Kelurahan Cinangka, menjadi salah satu yang mengaplikasikannya dalam bentuk program nyata.

“Saya bersyukur, program ini didukung oleh berbagai pihak, salah satunya oleh warga yang juga mantan menteri di zaman orde baru, Haryono Suyono,” terang dia kepada Radar Depok.

Program tersebut kata dia, juga menjadi salah satu cara, agar pemuda di Kelurahan Cinangka mampu memiliki wadah yang tepat dalam mengisi waktu mereka. Karena tidak sedikit dari pemuda, yang saat ini belum memiliki pekerjaan tetap.

“Walau belum memiliki pekerjaan tetap, kebanyakan pemuda di Kelurahan Cinangka bewirausaha dalam bidang jasa. Nah, kegiatan ini bisa menjadi salah satu wadah yang tepat, untuk mengisi waktu luang,” ujar dia.

Dilahan seluas 2.000 meter persegi yang berada di RW03, Kelurahan Cinangka, Taman Budidaya Pisang Cavendish diresmikan. Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Sawangan Zaenudin, Haryono Suyono (mantan Mentri), Lurah sekecamatan Sawangan, Danramil 05/Sawangan, Kapten. Inf. Ibrahim, Kapolsek Sawangan, AKBP Sutarjo, Ketua KTNA Kecamatan Sawangan, Abdul Haris dan Unsur pemuda serta RT dan RW se Kelurahan Cinangka.

“Kami mendapatkan bantuan dari Haryono Suyono sebanyak 1.000 bibit. Bibit tersebut kemudian ditanam sebanyak 300 pohon di lahan tersebut, dan sisanya dibagikan ke tiap RW, masing-masing 50 pohon,” harap dia.

Dalam sambutannya, Camat Sawangan, Zaenudin mengatakan, dirinya ingin Kelurahan Cinangka dapat menjadi percontohan bagi kelurahan lain dan juga Kecamatan Sawangan dapat memiliki ikon salah satunya dengan Pisang Cavendish. “Jadi jika orang ingin cari Pisang Cavendish, tinggal ke Sawangan tepatnya di Kelurahan Cinangka,” katanya.

Sementara itu, Haryono Suyono mengatakan, dirinya mengapresiasi program yang dijalankan oleh Camat Sawangan bersama para pemuda Cinangka tersebut. Makanya dirinya berniat untuk menyumbangkan bibit pisang tersebut.

“Mudah mudahan ini bisa dibudidayakan di Kelurahan cinangka dan bisa meningkatkan IPM Kelurahan Cinangka. Karena, nantinya akan bisa dijadikan UMKM di Kelurahan Cinangka dengan berbagai makanan olahan pisang,” katanya.

Haryono menambahkan, Mengingat proses panen pisang yang tidak sebentar, sebagai cara agar lahan pertanian tersebut tidak tidur, dirinya juga akan memberikan bibit lainnya, seperti timun suri dan daun kelor. “Lahan yang begitu luas juga akan ditanami sayuran dan buah-buahan lainnya, karena sayang kalau tidak dimanfaatkan lahan seluas ini,” tutup dia. (ade)