TAMPIL: Siswa SDIT Lentera Insan menyaksikan penampilan hadroh cilik dalam kegiatan pesantren kilat. Foto:Indah/Radar Depok
TAMPIL: Siswa SDIT Lentera Insan menyaksikan penampilan hadroh cilik dalam kegiatan pesantren kilat. Foto:Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM , CIMANGGIS – Pesantren kilat (sanlat) menjadi salah satu tradisi wajib bagi sebagian sekolah di Kota Depok. Tidak terkecuali dengan SDIT Lentera Insan, yang beralamat di Komplek Permata Puri 1 Blok F8 No.1A, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis.

Meski hanya dilaksanakan satu hari, siswa tetap semangat dan antusias mengikuti rangkaian kegiatan dan lomba.

“Antusiasme anak-anak cukup baik. Walaupun ada beberapa yang terlihat menahan lapar karena puasa, tapi mereka tetap semangat,” kata ketua pelaksana, Ahmad Sa’di Maulana kepada Radar Depok.

Lomba mulai dari mewarnai untuk kelas I, II dan III, membuat poster kelas IV, V dan VI, the best hafiz, pemilihan dai cilik (Pildacil).

“Selain menyemarakkan Ramadan, kita ingin menanamkan kepada para siswa bahwa Ramadan itu ceria dan bahagia. Mempererat ukhuwah atau persaudaraan antar siswa. Karena dalam lomba dikelompokkan antar kelas,” ujarnya.

Setelah lomba, dilanjutkan penampilan hadroh cilik. Pihak sekolah mengundang pendongeng guna memberikan materi dengan metode dongeng.

“Acara terakhir berbuka puasa bersama dengan seluruh orangtua siswa,” kata Ahmad. (ind)