WAKTU KEBAIKAN: Kepala SMPN 19 Depok, Muawanah saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan sanlat untuk siswa kelas VII dan VIII di sekolahnya. Foto: Pebri /Radar Depok.
WAKTU KEBAIKAN: Kepala SMPN 19 Depok, Muawanah saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan sanlat untuk siswa kelas VII dan VIII di sekolahnya. Foto: Pebri /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, PANCORANMAS – Untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan siswanya, SMPN 19 Depok mengadakan kegiatan pesantren kilat (sanlat). Dalam kegiatan yang diadakan dari tanggal 12 -15 Juni 2017, diusung tema Gerakan Cinta Al Quran (Genta).

Kepala SMPN 19 Depok, Muawanah mengatakan, jadi selama kegiatan sanlat ada beberapa materi keagamaan yang disampaikan ke siswa dalam bentuk tausiah. Selain itu, berkaitan dengan temanya, maka diadakan juga bimbingan tilawatil Quran dan tadarus Al Quran. Semuanya, diperuntukan untuk siswa kelas VII dan VIII.

“Ada juga kegiatan bimbingan ibadah salat dan implementasi akhlakul karimah dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, ada juga kegiatan lomba keterampilan pendidikan agama Islam (LKPAI), yaitu MTQ dan kaligrafi,” ucapnya kepada Radar Depok

Muawanah menjelaskan, tujuan dari diadakannya kegiatan sanlat untuk siswa, yakni untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa serta kualitas ibadah kepada Allah SWT. Mereka juga akan mendapatkan pendidikan keagamaan yang lebih dari kegiatan ini. Sehingga, bisa menjadi bekal mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Tidak ketinggalan juga untuk membangun ukhuwah Islamiah seluruh warga sekolah, terutama siswa kelas VII dan VIII dalam menegakan kebaikan bersama,” tuturnya.

Muawanah menjelaskan, dengan adanya kegiatan sanlat bisa menjadi pengisi Bulan Ramadan dengan semangat meraih ridho Allah SWT, dengan kegiatan yang bermanfaat. “Harus bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar, karena itu adalah dasar dalam menjalani ibadah salat,” katanya. (peb)