FOTO: Taulani
FOTO: Taulani

Hijrah Ramadan di Depok

Ini bukanlah sebuah pekerjaan, melainkan bentuk pengabdian. Marbot, sebuah profesi berlandaskan ibadah. Bagaimana tidak, karena mewakafkan diri untuk menjaga musala atau masjid.

Laporan: Raisa Tafzila

Masjid Al-Marhamah yang berada di tepi Jalan Nusantara Raya, Kelurahan Beji, mempunyai marbot bernama Taulani. Profesi mulia ini, baru ia jalani selama enam tahun atau sejak berusia enam tahun.

Kurun menjalani rutinitas, ia tak pernah mengeluh. Itu tadi, baginya ini sebuah pengabdian. Biar Allah SWT yang membalas. Sebab itu, ia begitu menikmati hari-harinya mengurus keperluan masjid.

Meski sudah renta, Taulani masih kuat menjalankan tugasnya sebagai marbot. Tujuannya satu. Supaya jamaah yang datang merasa nyaman beribadah.

Ketika ditemui Radar Depok, pekan ini, ia menyambut dengan muka lelah. Dirinya baru saja mengepel lantai masjid yang berlantai krem tersebut. Duduk sejenak melepas peluh. Ia mesti menghemat tenaga. Waktu berpuka puasa masih lama.

“Barusan juga habis membersihkan sampah di depan pintu masjid, usai berbuka puasa bersama anak-anak yatim,” terangnya.

Dengan gunting di tangan kirinya, selepas menggunting sampah-sampah kardus kedalam tempat sampah, ia menceritakan kisahnya sebagai seorang marbot masjid.

”Alhamdulilah saya menjalankannya dengan sukarela. Jamaah disini selalu ramai, apalagi selama Ramadan ini. Banyak yang berasal dari wilayah lain,” beber dia.

Kebetulan rumah yang ditempati bersama keluarganya, tidak jauh dari masjid, sehingga mudah baginya untuk menjalankan tugasnya. Cukup berjalan kaki beberapa menit, sudah sampai ke masjid.

Kegiatan di masjid ini pun sangat aktif. Seperti pengajian, kultum (ceramah siraman rohani) sehabis solat subuh, pesantren kilat selama bulan Ramadan, dan berbuka puasa bersama. Selama puasa, ia menjadi lebih sibuk ketimbang hari biasa.

Jadwal ia membuka masjid, menjelang waktu Subuh pada pukul 04:00 WIB, dan menutupnya pada pukul 22:00 WIB setelah selesai Tarawih selama Ramadan.

“Salah satu kegiatan aktif di masjid Al-Marhamah ini seperti pengajian warga, terutama ibu-ibu, kalau ada pengajian ibu-ibu disini, saya turut bantu melengkapi peralatan seperti mikrofon, dan merapihkan karpet masjid, agar pengajian rutin berjalan dengan hikmat,” tutupnya. (mg1)