BAYAR PAJAK: Para warga yang sedang melakukan pembayaran pajak di wilayah RW10, Perumahan Wisma Mas, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan. Foto : Ade/Radar Depok
yamaha-nmax
BAYAR PAJAK: Para warga yang sedang melakukan pembayaran pajak di wilayah RW10, Perumahan Wisma Mas, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan. Foto : Ade/Radar Depok

Orang bijak bayar pajak, slogan yang selalu diucapkan guna mengajak para wajib pajak untuk taat pajak, agar menjadi orang bijak. Pembayaran pajak sangat berguna untuk pembangunan. Salah satu bentuk pajak adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan memiliki cara yang unik untuk meningkatkan pembayar PBB di Kelurahan Cinangka.

Laporan : Ade Ridwan Yandwiputra/Radar Depok

Demi meningkatkan pembayaran pajak di wilayah Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Lurah Cinangka, Anis Fatoni menggelar kegiatan jemput PBB dilakukan di masing-masing RW se-Kelurahan Cinangka.

Kegiatan yang dilakukan, dengan membuka posko di tiap RW. Menurut Anis, hal itu merupakan cara yang bisa dibilang efektif, guna mengajak para masyarakat membayar pajak. Untuk sekarang ini, baru dua RW yang didatanginya.

Baca Juga  4 Provinsi Ini Ada Pemutihan Pajak Kendaraan dan Diskon Ramadan

“Jatuh tempo pembayaran PBB tinggal sebentar lagi, saya ingin target pajak di Kelurahan Cinangka mencapai 100 persen,” katanya.

Anis menyebutkan, tahun ini target pajak di Kelurahan Cinangka sebanyak, Rp2.019.204.133 dengan wajib PBB sebanyak 8.928 lembar. “Kegiatan ini merupakan inisiatif kami, bekerjasama dengan Ketua RW dan sudah dilakukan dua pekan ini. Pekan lalu di RW09, dan hari ini di RW10, Perumahan Wisma Mas,” katanya.

Posko digelar di Balai Warga, hari Sabtu (22/7/2017) dari pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Dari kegiatan jemput PBB tersebut, tercapai pembayaran senilai Rp12.600.000 untuk pembayaran PBB. “Jadi mekanismenya, masyarakat bayar ke sini (posko), dan nanti kami yang laporkan ke BJB untuk di setor,” katanya.

Baca Juga  Ini Kriteria Jasa Pendidikan yang Kena PPN 7% oleh Pemerintah

Sementara itu, Anis melanjutkan, dirinya belum mendapatkan persentase perolehan capaian PBB untuk tahun ini. Namun, dirinya berharap agar PBB di Kelurahan Cinangka dapat tercapai 100 persen. (*)