BARU: Ruang pelayanan umum di Kantor Kelurahan Cinangka yang baru dibuat. Memberikan kenyamanan bagi masyarakat guna pelayanan satu pintu. Foto: Ade /Radar Depok
yamaha-nmax
BARU: Ruang pelayanan umum di Kantor Kelurahan Cinangka yang baru dibuat. Memberikan kenyamanan bagi masyarakat guna pelayanan satu pintu. Foto: Ade /Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, SAWANGAN – Kelurahan merupakan garda terdepan dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota, karena fungsinya sebagai pelayan masyarakat. Maka, sudah sepatutnya kantor kelurahan memiliki fasilitas yang memadai dalam rangka memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Kondisi tersebut berbanding terbalik di Kantor Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan. Kantor yang terletak di Jalan Kona 1, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan tersebut, tidak memiliki aula guna menunjang kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Lurah Cinangka, Anis Fatoni. Pihaknya sangat membutuhkan sebuah aula atau ruang pertemuan di Kantor Kelurahan. Pasalnya, keberadaan aula atau ruang pertemuan sangatlah penting.

“Aula itu bisa berfungsi untuk pertemuan warga, atau saat pemerintah kota memiliki program dan hendak disosialisasikan kepada masyarakat,” kata Anis kepada Radar Depok, saat ditemui di ruangannya, Kamis (6/7).

Baca Juga  KOOD Gelar Pasar Rakyat

Selama ini, lanjut Anis, pertemuan warga maupun sosialisasi dilakukan dihalaman parkir kantor kelurahan dengan kondisi yang cukup memprihatinkan. Dengan bangku seadanya, dan tanpa tenda sebagai penghalau panas maupun hujan.

“Karena keterbatasan makanya, kalau ada sosialisasi atau pertemuan warga terpaksa dilakukan diluar ruang, di halaman parkir,” lanjut mantan Lurah Abadijaya tersebut.

Selain aula, kantor Kelurahan Cinangka juga membutuhkan Sekretariat PKK. Karena menurutnya saat ini, TP PKK pun belum memiliki ruangan. Sehingga, para kader PKK cukup sulit untuk melakukan pengarsipan maupun melakukan pertemuan.

“Sekretariat PKK juga dirasa perlu. Karena mengingat PKK merupakan mitra Pemerintah Kota dalam mewujudkan keluarga yang harmonis dan sejahtera,” bebernya.

Baca Juga  Imam Mahdi Sawangan Kembali Berulah

Saat disinggung mengenai perkiraan anggaran, Anis belum dapat memastikan, karena harus dibahas bersama LPM, “Untuk pengajuan renovasi, sudah secara lisan kepada Pemerintah Kota, tapi kalau tertulis belum,” katanya.

Saat pertama kali menjabat sebagai Lurah di Kelurahan Cinangka, Anis memang melihat butuh banyaknya perombakan di Kantor Kelurahan, salah satunya ruang pelayanan umum. Sebelumnya, ruang pelayanan umum di Kantor Kelurahan tidak ada. Semenjak dirinya menjabat, ruang pelayanan umum dibuat dan masyarakat jadi lebih teratur.

“Kalau melihat kondisinya, kantor kelurahan ini perlu banyak perombakan, ini pun demi kepentingan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. (ade)