MENYENANGKAN: Siswa menyimak cerita dongeng yang disajikan pendongeng Depok, Sakti Okihanto (Kak Oki), difasilitasi TK Nasional Plus Tunas Iblam. Foto : Indah/Radar Depok
yamaha-nmax
MENYENANGKAN: Siswa menyimak cerita dongeng yang disajikan pendongeng Depok, Sakti Okihanto (Kak Oki), difasilitasi TK Nasional Plus Tunas Iblam. Foto : Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, BEJI – Ratusan siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di sekitar sekolah TK Nasional Plus Tunas Iblam berbondong-bondong menyaksikan acara Pondok Dongeng Nusantara yang rutin diadakan pihak sekolah.

Acara ini sekaligus memperingati ”Hari Anak Nasional” Sabtu (29/7), yang diselenggarakan sekolah di Jalan Raden Sanim No 100, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

“Program ini sudah berjalan dua tahun. Setiap dua bulan sekali kita adakan. Kebetulan kita undang pemusik juga dan PAUD di lingkungan sekolah kita,” kata Ketua Yayasan TK Nasional Plus Tunas Iblam, Asri Mulyanita kepada Radar Depok.

Pihak yayasan sengaja mengundang beberapa PAUD di sekitar sekolah dan Kecamatan Beji guna memberikan fasilitas dan wadah bagi masyarakat untuk lebih mengenal cara berdongeng.

Baca Juga  Ponpes Ashhaburratib Meriahkan Hari Santri

Bukan hanya siswa, tapi orangtua yang hadir mendapatkan edukasi dari acara tersebut.

“Bahkan orangtuanya juga banyak yang datang untuk belajar caranya mendongeng. Alhamdulillah kita bisa bersinergi dengan program pemerintah, bahwa asik loh ternyata mendongeng,” ujar Asri.

Pihak yayasan berharap semakin banyak sekolah mengadakan program mendongeng untuk anak, baik di tingkat kelurahan atau kecamatan.

“Anak yang belum sekolah kalau mau ya silakan. Kita sama sekali tidak membedakan anak-anak yang sekolah formal dan nonformal. Saya harap program ini banyak yang meniru,” sambungnya.

Asri melanjutkan, dongeng menjadi salah satu edukasi yang efektif untuk menyelipkan nilai-nilai budaya, pendidikan dan kehidupan sehari-hari bagi anak.

“Pelajaran seperti kasih sayang, lebih peka terhadap orang lain, konsep hati-hati. Anak lebih mudah mengingat nilai-nilai tersebut dalam dongeng,” kata Asri. (ind)

Baca Juga  Zaelani Pimpin RT1/10 Tanah Baru

GRAFIS

>> Mengembangkan imajinasi anak

>> Meningkatkan keterampilan berbahasa

>> Meningkatkan minat baca anak

>> Membangun kecerdasan emosional

>> Membentuk anak yang mampu berempati

>> Memperkenalkan anak dengan hal-hal di sekitarnya, seperti gambar, bentuk, huruf, angka, dan lainnya

>> Melatih kemampuan mendengar

>> Mempererat hubungan antara orangtua dan anak

* Data diolah dari berbagai sumber