Ketua Pembina Yayasan UP, Siswono Yudo Husodo, bersama rektor dalam PKKMB di Gedung Serbaguna UP, Jakarta Selatan. Foto : Ricky/Radar Depok
Ketua Pembina Yayasan UP, Siswono Yudo Husodo, bersama rektor dalam PKKMB di Gedung Serbaguna UP, Jakarta Selatan. Foto : Ricky/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – 2.250 mahasiswa baru (Maba) Universitas Pancasila (UP) mengikuti Pengenalan Kehiduan Kampus bagi Mahasiwa Baru (PKKMB) reguler dan reguler khusus, tahun akademik 2017/2018 di Kampus UP Jakarta Selatan, kemarin.

Ketua Pembina Yayasan UP, Siswono Yudo Husodo mengatakan, tujuan kegiatan penyambutan dan pengenalan maba adalah membantu para mahasiswa UP agar memiliki kemampuan beradaptasi dengan kehidupan kampus UP dan segala isi dan lingkungannya.

Baik bidang akademik maupun non-akademik, serta mengenalkan kehiduan kampus, sarana-prasarana, sarana kegiatan dan penunjang akademik.

“Seperti sarana olahraga, perpustakaan, sarana ibadah serta memperkenalkan lebih dekat apa yang akan mereka pelajari selama tahun kedua hingga tahun terakhir masa studi mereka,” kata Siswono.

PKKMB mengangkat tema ‘Mewujudkan Generasi Muda Penerus Bangsa yang Berkarakter Pancasila dan Berkemampuan IPTEK untuk Mendukung Daya Saing Bangsa’.

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Menteri Perumahan Rakyat zaman Orde Baru ini melanjutkan, pada PKKMB diberikan kesempatan bagi unit-unit kegiatan mahasiswa untuk unjuk gigi, sehingga dapat memperoleh anggota sebanyak mungkin.

“Mahasiswa baru dapat melihat atraksi dan pentas seni unit-unit kegiatan secara lebih dekat dan langsung bertanya sebelum memutuskan untuk mengikuti unit kegiatan tertentu,” ucap Siswono.

Sementara itu, Rektor UP, Wahono Sumaryono mengatakan, sebagai salah satu universitas swasta ternama, dalam penerimaan mahasiswa baru UP mempraktekkan pengenalan kehidupan kampus yang berkualitas. Bahkan sejak 2006 UP tidak mengenal ospek.

“Sejak Ospek ditiadakan tahun 2006, mahasiswa baru diberi wawasan nusantara, pembinaan karakter. Kami mengisinya dengan kegiatan yang bermutu dan berkualitas,” kata Wahono.

PKKMB yang dilaksanakan sejak 28 hingga 31 Agustus diselenggarakan dalam rangka menyiapkan mental mahasiswa baru, serta memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus secara menyeluruh.

“Selain itu, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan agar proses pembelajaran berlangsung dalam atmosfir akademik yang kondusif,” kata Wahono. (cky)