KOMPAK: Dinas Kesehatan Kota Depok memberikan penyuluhan tentang kesehatan lingkungan di RW15, Kelurahan Pancoranmas yang menjadi lokasi program P2WKSS. Foto : Indra/Radar Depok
KOMPAK: Dinas Kesehatan Kota Depok memberikan penyuluhan tentang kesehatan lingkungan di RW15, Kelurahan Pancoranmas yang menjadi lokasi program P2WKSS. Foto : Indra/Radar Depok

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengupayakan peningkatan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat di Kota Depok, dengan terus aktif memberikan penyuluhan kesehatan lingkungan (Kesling). Penyuluhan yang merupakan program tahunan tersebut untuk kali ini diadakan di lokasi program P2WKSS, yakni RW15, Kelurahan Pancoranmas.

Laporan :  Indra Abertnego/Radar Depok

Di dalam bangunan Majelis Taklim Al Ijtihad, di lokasi P2WKSS,  tampak Ketua RT 01/15 Kelurahan Pancoranmas, Hidayat dan Pengurus Majelis Taklim, beserta Kader PKK RW15 sedang berkumpul. Mereka ingin mendengarkan penyuluhan tentang kesehatan lingkungan (kesling) yang diberikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Sabtu (26/8).

Pengurus PKK RW15, Kelurahan Pancoranmas, Masenih menuturkan dalam kegiatan tersebut bukan hanya Dinkes saja yang hadir, tapi ada perwakilan dari Puskesmas Pancoranmas yang hadir untuk memberi penyuluhan.

“Dinkes memberikan kami penyuluhan tentang cara mengetahui berbagai macam penyakit dan sanitasi total berbasis masyarakat,” ucap wanita periang tersebut.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan dengan mengajak untuk memperhatikan sanitasi dengan baik, maka masyarakat bisa mencegah datangnya berbagai penyakit sedini mungkin.

“Kegiatan ini untuk peningkatan kebersihan lingkungan, serta pencegahan penyakit dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan, khususnya kesehatan lingkungan di wilayah P2WKSS,” ucap May Haryanti..

Dia menambahkan, pihaknya, merasa perlu memberikan penyuluhan kesehatan lingkungan kepada masyarakat, mulai dari kesehatan rumah, kamar mandi, hingga saluran air yang berada dekat pemukiman. Bekal pengetahuan dan informasi yang didapat masyarakat, khususnya di lokasi P2WKSS tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Masyarakat dirasa perlu pembekalan dan pengetahuan yang memadai tentang kesehatan lingkungan agar tahu, mau dan mampu merubah serta meningkatkan perilaku secara mandiri,” tutupnya. (*)