Sukma Awliyawati. Foto : Indah/Radar Depok
Sukma Awliyawati. Foto : Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Sukma Awliyawati atau biasa disapa Ema sejak sekolah sudah menyukai kepramukaan. Apalagi saat ia didapuk menjadi salah satu pasukan utama di sekolahnya. Sejak saat itu Ema kian mencintai pramuka. “Banyak faktor yang membuat saya cinta dengan pramuka,” kata Ema kepada Radar Depok.

Kegigihan Ema berlatih pramuka sejak belia membuatnya dipercaya menjadi guru pramuka di SMPIT Al Haraki, tempatnya mengajar saat ini. Pramuka banyak memberikan pengalaman berharga bagi guru berparas cantik ini.

“Saya banyak belajar dari pramuka, terutama ketika mengajar di sekolah ini (SMPIT Al Haraki, red). Karena pramuka, saya dan adik-adik SMPIT Al Haraki mendapat kesempatan ke luar kota, bahkan sampai ikut Kemnas (Kemah Ukhuwah Nasional) Pramuka SIT Malang,” kata guru bahasa Indonesia.

Ema senang mengenalkan peserta didiknya dunia luar. Menurutnya, hal yang paling berkesan dan memuaskan menjadi pembimbing pramuka di SMPIT Al Haraki adalah saat siswa didiknya dapat mencapai tingkatan tertinggi dala, pramuka penggalang, yaitu penggalang garuda.

“Untuk mengantarkan mereka mencapai titik garuda, kami butuh perjuangan yang luar biasa. Hal itu yang membuat saya puas,” tutup Ema. (ind)