TOLAK: Ketua RT03/03, Kelurahan Kemirimuka, Risman menunjukan lokasi jalan setapak yang mendapat penolakan dari warga untuk direnovasi. Foto : Indra/Radar Depok
TOLAK: Ketua RT03/03, Kelurahan Kemirimuka, Risman menunjukan lokasi jalan setapak yang mendapat penolakan dari warga untuk direnovasi. Foto : Indra/Radar Depok

Bantuan berupa renovasi jalan setapak dan pembuatan drainase diberikan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok untuk warga di RT03/03, Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji. Sepatutnya warga di lokasi tersebut mendukung program untuk menjadikan kondisi lingkungan lebih baik lagi, tetapi prakteknya ditemukan adanya kendala yang berasal dari warga itu sendiri.

Laporan : Indra Abertnego/Radar Depok

Di sebuah warung sembako di pinggir jalan setapak RT03/03, Kelurahan Kemirimuka, tampak seorang lelaki yang mengenakan kaus oblong berwarna biru sedang duduk di bangku. Lelaki itu, adalah Ketua RT03/03, Kelurahan Kemirimuka, Riswan Ahmad.

Riswan mengajak untuk melihat beberapa lokasi yang akan dibuatkan jalan setapak oleh Disrumkim Kota Depok. Mengingat kondisi wilayah RW03, Kelurahan Kemirimuka yang berbukit, sehingga dibutuhkan usaha untuk melewati jalanan tersebut. Jalanan tersebut ada yang sudah dipasangi

denagan bercucuran keringat dan terengah – engah  Riswan menuruni jalan setapak lalu menanjak lagi untuk mengantarkan wartawan melihat bebrapa jalan setapak  yang sudah dipasangi conblock dan juga jalan yang belum dipasangi conblock.

“Di RT03, ada lima titik jalan setapak yang harusnya sudah dipasangi conblock, tapi tiga diantaranya belum bisa, karena mendapat penolakan dari beberapa warga,” ucap pria berambut cepak tersebut, Selasa (29/8).

Perjalanan lanjut lagi, tetapi Riswan berhenti di jalan setapak yang menurun.  Riswan memberikan penjelasan, kalau jalan setapak tersebut adalah salah satu dari tiga jalan setapak yang belum dipasangi conblock, karena mendapatkan penolakkan dari pemilik tanah.

“Saya mau gimana lagi? Ini kan tanah dia, saya tidak bisa memaksakan untuk terus memasang conblock di tanahnya,” ucapnya.

Dia menambahkan, seharusnya tiap titik jalan setapak mendapat renovasi berupa pemasangan conbock dengan panjang jalan setapak 20 – 40 meter dengan lebar 1 meter di setiap titiknya.

“Ada juga yang memang tidak mau dipasang conblok, karena takut nanti resapan air di conblok mengikis tanah di sekitar rumahnya, dan menyebabkan longsor,” tambahnya. (*)