CEK LOKSI : Penanggung Jawab O2SN tingkat Nasional Alex Firngadie saat mengecek lokasi tempat digelarnya olahraga bidang lari di Medan, pekan, kemarin.
CEK LOKASI : Penanggung Jawab O2SN tingkat Nasional Alex Firngadie saat mengecek lokasi tempat digelarnya olahraga bidang lari di Medan, pekan, kemarin.

Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) RI, masih percaya dengan Alex Firngadie menjadi penangung jawab  Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) sejak 2006 hingga 2017. Tahun ini dia dipercaya lagi untuk melaksanakan O2SN di Kota Medan yang akan digelar 3-8 September.

Laporan : Muhammad Irwan Supriyadi/Radar Depok

SAMBIL menunggu, secangkir kopi hitam cap Liong menemani pagi yang cukup cerah di salah satu lapangan futsal di Jalan Margonda. Tepatnya di Plaza Depok. Setelah lumayan lama menunggu sekitar 30 menit,  pria bertubuh kekar itu pun menghampiri dan memberikan salam serta berjabatan tangan. Sebut saja dia Alex Firngadie. Pria yang memiliki tangung jawab besar akan acara O2SN tingkat Nasional.

Istirahat sejenak, mengatur ritme nafas. Maklum saat itu, Alex sedang ada acara reunian dengan teman-teman di SMAN 38 Jakarta, kebetulan dia sebagai pantia. Pria yang juga pengurus di KONI Kota Depok itu mengatakan, sejak 2006 telah dipercaya menjadi penangung jawab 02SN di tingkat nasional.

Berbagai daerah di Indonesia pun pernah disingahi. Bahkan, pernah ke luar negeri mengurus atlet Indonesia.  “Ini tanggung jawab saya dipercaya pimpinan untuk mengurus pergelaran O2SN, tahun sekarang pun saya dipercaya lagi untuk memengang amanah itu,” kata Alex.

Tentunya, banyak sekali kerjaan saat melaksanakan pekan olahraga nasional itu untuk siswa dari Tanah Air ini. Pasti, kata dia, perlu komunikasi masif dengan pemerintah kota dan kabupaten. Artinya setahun sebelum kegaitan harus mengecek kondisi tempat untuk bertanding para siswa.  “Setelah ditunjuk menjadi penangung jawab, kami menyusun tim kerja. Tentu kerja keras dan meningkatkan komunikasi,” katanya.

Kepercayaan Kemendikbud, Alex melaksanakan O2SN dengan penuh tanggung jawab. Meski awal diamanahkan cukup menguras pikiran dan tenaga.

“Karena ada kemauan dan dukungan dari tim, syukur saya bisa berjalan hingga sekarang. Di 2017 kami akan adakan 02SN di Kota Medan,”kata pria yang suka semur jengkol itu.

Terlebih, persiapan 02SN di Kota Medan ini, sesudah ditunjuk pimpinan. Alex langsung mempersiapkan di 2016, seperti melakukan survei ke Kota Medan, soal tempat, peralatan, dan koordiansi dengan pemerintah setempat.  “Perhelatan olahraga siswa di Medan pesertanya ada 544 atlet dan official 170. itu dari seluruh Indonesia ,”kata dia.(bersambung)