SEHAT: Kegiatan Komunitas Olahraga Street Workout Depok di Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya. Foto : Bismi/Radar Depok
SEHAT: Kegiatan Komunitas Olahraga Street Workout Depok di Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya. Foto : Bismi/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Pentingnya olahraga dan menjaga tubuh semakin disadari banyak orang. Mereka mulai menggeluti berbagai macam olahraga, baik olahraga yang mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari atau memang olahraga yang memang diperlukan ketrampilan khusus. Street Workout Depok (Sword) adalah salah satu komunitas olahraga yang mengajak orang untuk menyukai olahraga dengan perlengkapan yang sederhana.

Founder Sword, Kelvin Lokananta mengatakan, program latihan dari komunitas yang berdiri pada 26 Agustus 2015 ini bisa dilakukan setiap hari, tetapi untuk latihan khususnya diadakan pada hari Selasa, Kamis dan Minggu di Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya.

“Komunitas ini awalnya tidak memakai tiang bar khusus untuk berlatih, tetapi mereka latihannya dengan memanfaatkan fasilitas publik, seperti gawang futsal untuk pull up dan area lapangan untuk sit up, push up maupun back up,” ucapnya.

Kelvin menjelaskan, olahraga workout tidak dibatasi dari segi usia, bahkan sekarang ini ada beberapa anggotanya yang sudah berkeluarga. Selain itu, tidak juga ada batasan gender, baik pria dan wanita bisa mengikuti olahraga tersebut.

“Gerakan untuk pria adalah, sit up, push up dan pull up, dan untuk wanita ada cardio, sit up dan push up,” tuturnya.

Kelvin menambahkan, Komunitas Sword tidak hanya berlatih rutin, tetapi komunitas ini juga telah mengikuti beberapa kejuaran bergengsi. Beberapa kejuaraan yang diikuti dan berbuah prestasi adalah, yakni menjuarai GO IFEX, peringkat tiga Max Reps Asian Games dan ALSEACE, dan Strength Battle Max Reps.

“Saya berharap Komunitas Sword bisa membawa dampak positif untuk lingkungan, dan yang terpenting bisa dikenal banyak orang,” jelasnya. (mg1)