RAPAT: Saat sidang Paripurna Istimewa usai menonton bareng pidato Presiden Jokowi dalam rangka HUT RI ke-72, Selasa (16/8). Foto : Irwan/Radar Depok
RAPAT: Saat sidang Paripurna Istimewa usai menonton bareng pidato Presiden Jokowi dalam rangka HUT RI ke-72, Selasa (16/8). Foto : Irwan/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – DPRD Kota Depok menggelar Rapat Paripurna Istimewa, dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (16/8), di Gedung DPRD Kota Depok.

Rapat dihadiri Walikota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Forkopimda, organisasi kemasyarakatan, dan perwakilan masyarakat.

Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo, memaparkan bahwa inti dari apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo adalah perwujudan praktis dari gerakan revolusi mental yang telah dicanangkannya sejak awal pemerintahan.

Revolusi Mental, kata dia, itu bukan hanya untuk rakyat. Namun harus menjangkau dan mengikat para penyelenggara negara untuk memiliki tanggungjawab moral, konstitusional untuk bekerja jujur.

“Tanpa pamrih, serta melayani rakyat secara sempurna,” ungkap pria yang akrab disapa HTA itu, usai menonton pidato Presiden Joko Widodo.

Dalam Gerakan Nasional Indonesia Kerja Bersama (tema HUT RI ke-72), kata HTA, tentunya tidak ingin berhenti pada slogan ataupun perayaan semata.

Tapi, gerakan Indonesia Kerja Bersama, harus menjadi gerakan nyata yang diharapkan mampu membangkitkan semangat rakyat dalam mewujudkan impian Indonesia Merdeka. “Gerakan Nasional tersebut juga berupaya mendorong partisipasi seluruh rakyat Indonesia untuk terlibat, turun tangan bersama-sama mewujudkan impiannya,” tutur mantan pilot itu.

Lebih lanjut, dia mengatakan, puluhan tahun bangsa ini merdeka merupakan rahmat dan hadiah yang tak ternilai harganya dari tuhan yang maha kuasa.

Dengan kemampuan yang dimiliki, lanjut dia, Indonesia menapak di jalan yang telah dibangun oleh founding fathers bangsa kita, untuk mewujudkan sebuah negara yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

“Kesempatan ini  kami mengajak seluruh elemen dan  lapisan masyarakat Kota Depok untuk meneruskan pembangunan melalui kerja nyata dan kerja bersama,” beber dia.

Di kesempatan itu, lewat layar kaca, Presiden Joko Widodo memaparkan di akhir pidato memuji sejumlah lembaga negara. Seperti MPR, DPR, DPD, BPK, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.

“Terus menjaga sinergitas untuk menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang mandiri, berdaulat, dan berkepribadian melalui Gerakan Nasional Indonesia Kerja Bersama,” tutur Joko Widodo. (irw)