KREATIF: Siswa SDN Cipas 3 mengenakan atribut topi dengan tulisan ‘Aku Harus Sehat’ dalam kegiatan imunisasi MR, beberapa hari lalu. Foto : Indah/Radar Depok
KREATIF: Siswa SDN Cipas 3 mengenakan atribut topi dengan tulisan ‘Aku Harus Sehat’ dalam kegiatan imunisasi MR, beberapa hari lalu. Foto : Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, CIMANGGIS – SDN Cisalak Pasar (Cipas) 3 melaksanakan imunisasi Measles Rubella (MR) dengan kegembiraan dan sukacita. Seperti pada umumnya, sebelum divaksin siswa-siswi dan orangtua siswa diberi pemahaman dan sosialisasi manfaat imunisasi dan bahaya apa yang terjadi jika tidak imunisasi.

“Persiapan imunisasi sekolah kami hampir dua minggu. Orangtua siswa bersifat kooperatif dalam pelaksanaan, Alhamdulillah tidak ada yang menolak anaknya diimunisasi,” kata Kepala SDN Cipas 3, Eva Eriva saat ditemui di kantornya Jalan Pedurenan, Kelurahan Cipas, Kecamatan Cimanggis.

Berbeda dengan sekolah lain, Eva memiliki terobosan untuk membuat siswa-siswinya tidak takut divaksin. Membuat atribut topi dari bahan karton dengan tulisan ‘Aku Harus Sehat’ menjadikan siswa-siswinya menyambut kegiatan imunisasi dengan penuh kegembiraan.

“Seminggu sebelumnya saya dan guru-guru memikirkan bagaimana caranya agar siswa-siswi ini tidak takut suntik. Akhirnya membuat topi dengan tulisan tersebut. Tadinya kata ‘Aku Ingin Sehat’, tapi lebih baik dengan kata ‘Harus’. Karena kalau gunakan ‘ingin’ hanya sekedar keinginan saja, kalau pakai kata ‘harus’ kan mau tidak mau sehat,” jelas Eva.

Topi tersebut dibuat langsung oleh siswa. Bahkan orangtua ikut membantu pembuatannya. Berhasil, saat kegiatan imunisasi berlangsung petugas puskesmas memuji siswa SDN Cipas 3 yang menyambut positif program pemerintah tersebut.

“Dokter yang datang juga senang siswa pakai topi itu. Artinya mereka semangat dan harus sehat dengan cara disuntik MR demi kesehatan mereka,” tutup Eva. (ind)