PENYERAHAN: Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar menyerahkan secara simbolis surat serah terima kios di Detos, kemarin. Foto:Irwan/Radar Depok
PENYERAHAN: Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar menyerahkan secara simbolis surat serah terima kios di Detos, kemarin. Foto:Irwan/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok menyerahkan 130 kios ke para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berwirausaha di Depok Town Square (Detos).

“Ini baru awal. Kami targetkan 1000 kios dengan ukuran berbeda-beda,” kata ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar, kepada Radar Depok, kemarin.

Langkah ini, kata dia, sebagai bentuk kemitraan Kadin dengan Detos, dalam menjalankan program Pemkot Depok dalam hal pemberian fasilitas kios. Pihaknya juga akan memberikan fasilitas pembinaan dan bimbingan kepada pelaku UMKM yang mendapatkan kios tersebut.

Kata dia, pembinaan yang diberikan, seperti marketing online, pemasaran, dan sistem kerja. Mereka juga diperkenankan mengelola kios yang diberikan secara gratis selama setahun. “Kami akan monitoring terus juga membina mereka dan verifikasi setiap bulan,” katanya.

Pemberian sewa kios gratis tersebut tidak hanya ditujukan bagi para pelaku UMKM yang terdaftar sebagai anggota Kadin. Namun, juga berlaku bagi pelaku UMKM yang belum terdaftar sebagai anggota.

“Sebagai mitra Pemerintah yang bergerak di bidang industri dan perdagangan, kami juga membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM yang belum tergabung sebagai anggota. Mereka hanya cukup dengan mendaftarkan diri sebagai anggota Kadin terlebih dahulu, untuk kemudian diproses administrasinya agar mendapatkan sewa kios gratis tersebut,” kata Miftah.

Lebih lanjut, Miftah menuturkan, juga memberikan bantuan modal usaha bagi para pelaku UMKM di Kota Depok. Besaran modal yang diberikan berkisar Rp10 juta hingga Rp20 juta.

“Untuk besaran modal yang kami berikan bersifat relatif. Tergantung dari jenis usaha apa yang dijalankan. Kalau memang tidak memerlukan modal yang besar, maka bantuan modal yang kami berikan juga tidak terlalu besar, begitu pula sebaliknya,” jelasnya.

Miftah menambahkan, Kadin Kota Depok akan melakukan audiensi dengan Pemkot Depok untuk menginformasikan terkait pemberian bantuan sewa kios gratis tersebut. Hal ini merupakan upaya Kadin Depok untuk terus bersinergi dengan Pemkot Depok.

“Setelah ini kami akan berkoordinasi dengan Pemkot Depok terlebih dahulu. Diharapkan, dengan kerja sama yang baik antara Pemkot Depok dengan Kadin, dapat semakin memajukan perekonomian di Kota Depok ini, terutama bagi para pelaku UMKM tersebut,” tandasnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Yuni Indriany menangapi positif langkah Kadin memperhatikan pelaku UMKM. “Bagus. Positif mengembangkan usaha mikro di Depok,” ucap Yuni.

Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan, langkah Kadin Depok luar biasa, bila target 1000 kios bisa terealiasi di tiap daerah Kota Depok.

“Kalau bisa menyarankan agar Kadin Depok menempatkan kios-kios di tiap kelurahan dan pelosok dengan menampilkan hasil budidaya atau kerajinan masing-masing wilayah,” pungkasnya. (irw)