SELAMAT BEKERJA: Ketua Bidang 1 PMI Kota Depok, Eka Bahtiar (kedua kiri) didampingi Lurah Sukamaju, Sumarna (kiri) menyalami tenaga sukarelawan untuk menyosialisasikan imunisasi Measles Rubella (MR) kepada warga di 29 RW. Foto : IST
SELAMAT BEKERJA: Ketua Bidang 1 PMI Kota Depok, Eka Bahtiar (kedua kiri) didampingi Lurah Sukamaju, Sumarna (kiri) menyalami tenaga sukarelawan untuk menyosialisasikan imunisasi Measles Rubella (MR) kepada warga di 29 RW. Foto : IST

RADAR DEPOK.COM, SUKAMAJU – Menyukseskan imunisasi Campak dan Rubella atau Measles Rubella (MR) di wilayah Kelurahan Sukamaju, Cilodong, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) menggandeng tenaga sukarelawan yang berasal dari remaja Karang Taruna (Katar) Kelurahan Sukamaju.

Tenaga sukarelawan ini akan bertugas menyosialisasikan manfaat imunisasi dan bahaya yang terjadi jika tidak imunisasi. Pembekalan teknis program kampanye imunisasi MR disampaikan Ketua Bidang 1 PMI, Eka Bahtiar dan Lurah Sukamaju, Sumarna, kemarin.

“Measles lebih dikenal dengan campak dan rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, bahkan kematian,” kata Eka Bahtiar di hadapan tenaga sukarelawan.

Eka menyatakan, imunisasi MR yang dicanangkan pemerintah ini diharapkan dapat menjadi jalan terbaik terhadap pencegahan kedua penyakit tersebut.

“Sampaikan kepada warga manfaat imunisasi dan bahaya jika tidak diimunisasi. Kalian adalah ujung tombak agar program ini berjalan baik. PMI menggandeng katar karena kalian yang paham wilayah dan kondisi warga di sini (Kelurahan Sukamaju, red)” kata Eka.

Di tempat yang sama, Lurah Sumarna berpesan kepada katar untuk bekerja sepenuh hati. Dengan begitu program pemerintah berjalan sukses.

“Terima kasih kepada PMI yang sudah melibatkan Katar Sukamaju sebagai tenaga sukarelawan untuk menyosialisasikan imunisasi MR kepada warga,” katanya.

Kedepannya, Sumarna ingin Katar terus dilibatkan untuk mendukung program pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemkot Depok.

“Sepengetahuan saya, campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Sedangkan rubella adalah penyakit yang sering menginfeksi anak dan dewasa. Maka harus kita cegah melalui imunisasi,” kata Sumarna. (ram)