AKSI: Penampilan Gambang Kromong ramaikan peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di RW09, Kelurahan Limo.
AKSI: Penampilan Gambang Kromong ramaikan peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di RW09, Kelurahan Limo.

RADAR DEPOK.COM – Kemeriahan HUT ke-72 Republik Indonesia masih bergaung di Kota Depok. Semisal, yang nampak di lingkungan RW09, Kelurahan/Kecamatan Limo. Warga disana menampilkan gambang kromong sebagai menu utama.

Penampilan ini diapresiasi Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Depok, Sahat Farida Berlian yang turut menyaksikan acara tersebut secara langsung. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk menjaga kelestarian budaya lokal, yang saat ini cenderung mulai tergerus.

“Televisi, radio dan sosial media sekarang ini, sangat dekat dengan masyarakat. Sehingga tak banyak generasi kekinian yang berinteraksi dengan budayaan warisan,” ungkap Sahat kepada Radar Depok, kemarin.

Politikus PDI Perjuangan itu mengaku sangat terhibur dengan giat budaya seperti ini. Ia pun menyaksikan bila warga yang datang juga merasakan hal serupa. “Animo masyarakat luar biasa. Mereka saling bertemu, berinteraksi, dan nonton bareng,” kata dia.

Ketua RW9 Kelurahan Limo, Nasan mengatakan, rangkaian kegiatan HUT RI dilakukan oleh pengurus RT dan RW. Tentunya juga dibantu warga.

“Keseluruhan panitia terdiri dari pengurus Karang Taruna perwakilan dari RT RT di RW 09,” singkatnya. (irw)