JADI ARENA BERMAIN: Anak-anak sedang bermain bola di pelataran parkir lantai dasar gedung Rusunawa Cilangkap. Foto : Ricky/Radar Depok
JADI ARENA BERMAIN: Anak-anak sedang bermain bola di pelataran parkir lantai dasar gedung Rusunawa Cilangkap. Foto : Ricky/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, CILANGKAP – Meski gedung Twin Blok 2 Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kampung Banjaran Pucung, Kelurahan Cilangkap, Tapos, sudah mulai dihuni sejak awal Agustus 2017, namun hal tersebut belum adanya sosialisasi secara masif.

Minim sosialisasi terkait sudah mulai digunakannya Twin Blok 2 membuat Rusunawa pertama di Kota Depok itu baru diisi 12 Kepala Keluarga (KK).

“Kenapa hal ini tidak ada sosialisasi. Biasanya mereka (pemkot) ada dana itu,” kata salah seorang penghuni di Twin Blok 1, TB Toto Sudiarto kepada Radar Depok, kemarin.

Kapasitas kamar yang tersedia di Twin Blok 2 sama dengan di Twin Blok 1, terdapat 96 unit, di mana tiap lantai ada 24 kamar.

“Bicara sosialisasi, saya hanya baru melihat ada spanduk kecil yang terpasang di antara dua pohon dekat Rusun,” kata Toto.

Menurutnya, belum ada upaya sosialisasi secara masif agar unit-unit di Rusunawa khususnya di Blok Twin 2 terisi, seperti pengumuman di koran atau lainnya. “Sejauh ini saya belum pernah baca,” tandasnya.

Penghuni lainnya, Rahmayani menuturkan, keberadaan Rusunawa di Kecamatan Tapos perlu disosialisasikan, agar penghuni ramai.

“Ini juga membantu mereka yang berpendapatan rendah, lebih murah ketimbang mengontrak,” ucapnya singkat.

Diketahui, Rusunawa sendiri sebenarnya terdapat beberapa gedung, tiap gedung ada 96 unit, terdapat empat lantai. Setiap lantainya ada 24 kamar dengan tipe 21 atau 7×3 meter.

Penghuni yang berhak menyewa di Rusunawa ini harus memenuhi beberapa kriteria, seperti warga Depok, berpenghasilan rendah, sudah menikah dan tidak memiliki rumah.

Sedangkan biaya sewa yang dikenakan tiap kamarnya bervariasi. Tergantung lantai yang ditempati. Untuk lantai satu dikenakan biaya sewa per bulan Rp250 ribu, lantai dua Rp225 ribu, lantai tiga Rp200 ribu, dan lantai empat Rp175 ribu. (cky)

GRAFIS

Gedung Twin Blok 2:

>> Mulai dihuni sejak awal Agustus 2017

>> Saat ini baru diisi 12 Kepala Keluarga

>> Kapasitas kamar terdapat 96 unit

>> Tiap lantai ada 24 kamar

>> Tipe kamar 21 atau 7×3 meter

Biaya Sewa Kamar:

>> Lantai satu Rp250 ribu/bulan

>> Lantai dua Rp225 ribu/bulan

>> Lantai tiga Rp200 ribu/bulan

>> Lantai empat Rp175 ribu/bulan