AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK KOMPAK: Kasek Panwaslu Kota Depok (pertama dari kanan) Syamsu Rahman bersama Komisioner Panwaslu Kota Depok saat di lantai dua Sekret Panwaslu Kota Depok di Graha Kartini, Kelurahan Ratu Jaya, Cipayung, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
KOMPAK: Kasek Panwaslu Kota Depok (pertama dari kanan) Syamsu Rahman bersama Komisioner Panwaslu Kota Depok saat di lantai dua Sekret Panwaslu Kota Depok di Graha Kartini, Kelurahan Ratu Jaya, Cipayung, kemarin.

DEPOK – Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Depok melansir, sejak dibuka pendaftaran pada 23 September. Saat ini, baru 25 orang yang mengambil formulir pendaftaran panwascam.

“Sampai hari ini (kemarin) sudah ada 25 berkas yang masuk,” tutur Ketua Pokja Pembentukan Panwascam, Elyas Tanta Ginting kepada Radar Depok.

Menurut pria yang juga Anggota Panwaslu Kota Depok ini, agar tahapan seleksi panwascam semakin bagus dan output yang dihasilkan juga baik, setidaknya 99 pendaftar. Asumsinya, sembilan calon dikali 11 kecamatan yang ada di Kota Depok.

“Anggota panwascam ada tiga orang. Paling tidak, 33 kali tiga untuk layak diadakan seleksi, seperti seleksi administrasi, tertulis hingga wawancara,” paparnya.

Ia mengungkapkan, untuk pembukaan pendaftaran anggota panwascam sudah disosialisasikan di media cetak dan online. Pemberitahuan serupa juga sudah dilakukan di kantor kecamatan.

“Memang rata-rata yang mendaftar sudah lengkap datanya. Mungkin calon-calon lain masih melengkapi persyaratan administrasi,” ungkapnya.

Adapun ketentuan pendaftaran diantaranya, vmengajukan surat pendaftaran yang ditujukan kepada Panwaslu Kota Depok terlampir, pelamar melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi calon.

Kemudian, formulir pendaftaran dapat diperloleh di Sekret Panwaslu Kota Depok atau dapat di download melalui http://Panwaskotadepok.blogspot.co.id, dokumen pendaftaran di antar langsung atau dikirim melalui pos ke alamat sekret Panwaslu Kota Depok. “Pendaftaran dibuka mulai 23-30 September pukul 16.00 WIB,” terangnya.

Selanjutnya, kata dia, pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya dan dokumen pendaftaran masing-masing dibuat rangkap tiga, terdiri dari satu asli dan dua fotocopyan.

“Jika hingga tanggal 30 September belum memenuhi kuota, maka kami akan menambah waktu dua hari kedepan,” tandasnya.

Anggota Panwaslu Kota Depok, Andriansyah menambahkan, melihat rekam jejak pada pembentukan panwascam, memang kebanyakan calon baru mendaftar saat injury time.

“Biasanya di akhir-akhir baru pada masuk berkas calonnya. Pada Pilwalkot juga seperti ini,” kata Andriansyah.

Meski demikian, ia mengharapkan agar warga Depok yang memiliki kompetensi di bidang itu, agar berpartisipasi dalam perekrutan anggota panwascam.

“Siapa saja warga Depok yang memenuhi persyaratan dan mau ambil bagian dalam pesta demokrasi untuk mendaftar. Mari kita bersama-sama mengawasi pemilu agar berjalan sukses,” ucap mantan Ketua Panwaslu Kota Depok ini.

Di kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Depok, Syamsu Rahman mengatakan, saat ini pihaknya masih merapikan sekret. Meski demikian, calon panwascam dapat mendaftar di sekret.

“Masih bersih-bersih, sambil menunggu anggaran untuk mebeuler dan fasilitas lainnya turun. Insya Allah pertengahan Oktober sudah lengkap,” singkatnya. (cky)