IST KEBERAGAMAN: Mewujudkan Depok a Friendly City, Kantor Kesbangpol membuat kegiatan Kemah Muda Lintas Agama di Sangga Buana Pacet Cianjur, yang diikuti 64 pemuda dari 6 agama resmi di Indonesia.
IST
KEBERAGAMAN: Mewujudkan Depok a Friendly City, Kantor Kesbangpol membuat kegiatan Kemah Muda Lintas Agama di Sangga Buana Pacet Cianjur, yang diikuti 64 pemuda dari 6 agama resmi di Indonesia.

DEPOK – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok kembali membuat kegiatan inovatif dalam upaya mewujudkan Depok a Friendly City melalui Kemah Muda Lintas Agama di Sangga Buana Pacet Cianjur.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 -27 September 2017. Kemah Muda Lintas agama diikuti oleh 64 pemuda dari 6 agama resmi di Indonesia.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun harmoni di antara pemuda lintas agama di Kota Depok.

“Materi berupa dinamika kelompok, FGD (Forum Group Discusion), ceramah denga tema toleransi dalam perspektif masing-masing agama dan outbond,” kata Dadang kepada Radar Depok.

Dari kesimpulan FGD dinyatakan oleh perwakilan pemuda lintas agama bahwa sangat tidak setuju atas hasil survei 2015 oleh lembaga tertentu yg mengatakan bahwa Kota Depok merupakan salah satu kabupaten/kota intoleran.

“Kami merasa nyaman hidup di Depok meskipun kami beragama non muslim,” imbuh seorang peserta.

Pada 26 September malam hari untuk melanjutkan komitmen kebersamaan peserta, dibentuk Kaukus Muda Lintas Agama sebagai media komunikasi pemuda lintas agama di Kota Depok dan merancang program atau kegiatan positif membangun toleransi untuk harmoni.

“Kami berharap ini awalan di tahun 2017, semoga dari Depok bermakna untuk bangsa,” kata Dadang. (ram)