Nikmatul Isnaini
Nikmatul Isnaini.     Foto : Indah/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Nikmatul Isnaini memiliki cara unik dalam mengajar pelajaran di SMPIT Al Haraki. Metode komik dia gunakan.

“Metode pembelajaran berbasis literasi, di mana komik adalah teknik tertinggi dalam literasi di antara teknik yang lain,” kata guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Metode ini menjadi cara mengajar yang tidak biasa digunakan sembarang guru. Apalagi metode komik Aini kaitkan dengan Al-Quran. Dua hal berbeda namun bisa bersatu untuk ilmu pengetahuan.

Menurut perempuan yang akrab disapa Aini, metode yang diterapkannya cukup ampuh, karena ada peningkatan hasil belajar siswa.

“Saya coba masukkan dalam pembelajaran IPA yang kemudian saya kaitkan dengan Al-Quran, ternyata hasilnya sangat bagus. Terjadi peningkatan hasil belajar, tidak hanya pada kognitifnya saja, tapi afektif dan psikomotoriknya juga,” ujarnya.

Aini memiliki materi mengenai getaran dan gelombang yang didesain dengan komik. “Di dalam materi itu disajikan infografis serta dikaitkan dengan ayat Al-Quran,” tuturnya. (ind)