POTONG: Kepala SMPN 25 Depok, Wahyu Hidayat secara simbolis menerima hewan kurban yang akan disembelih. Foto : Pebri/Radar Depok
POTONG: Kepala SMPN 25 Depok, Wahyu Hidayat secara simbolis menerima hewan kurban yang akan disembelih. Foto : Pebri/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, SAWANGAN – Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang memiliki makna bagi seluruh umat Islam di dunia, selain menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah, bagi umat Islam yang telah mampu diwajibkan pula untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Di SMPN 25 Depok, pada Sabtu (2/9), melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban sebanyak seekor sapi dan seekor kambing. Hewan kurban tersebut berasal dari pengumpulan dana dari seluruh warga sekolah, baik siswa, guru, dan karyawan.

Kepala SMPN 25 Depok, Wahyu Hidayat mengatakan pengorbanan atau jiwa berkurban, adalah sesuatu yang tidak sia-sia, karena akan sangat bermanfaat untuk menyegarkan kembali semangat kehidupan saling tolong-menolong dan saling peduli.

“Untuk tema Idul Adha kali ini, adalah Qurban sebagai Tanda Cinta, Cinta Allah Cinta Sesama,” ucapnya kepada Radar Depok.

Ketua Panitia Pemotongan Kurban, Abdul Ghofur menambahkan, Ibadah kurban mendatangkan dua taqarrub (pendekatan) sekaligus, yakni taqarrub kepada Allah SWT dan kepada manusia. Taqarrub kepada sesama, menghadirkan dorongan keberagamaan yang bukan hanya menjadi kesalehan individual, tapi juga kesalehan sosial.

“Ini dua dimensi, yaitu hablum minallah dan hablum minannas yang menjadi ciri utama dari ajaran Islam. Rencananya, kegiatan pemotongan hewan kurban, menjadi agenda rutin SMPN 25 saat Hari Raya Idul Adha,” jelasnya. (peb)