DICKY/RADARDEPOK KORDINASI: Tiga Pilar Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, saat membahas peningkatan keamanan dengan siskamling, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
KORDINASI: Tiga Pilar Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, saat membahas peningkatan keamanan dengan siskamling, kemarin.

Dalam menjaga keamanan lingkungan ditengah masyarakat, bukan hanya tugas aparat keamanan maupun aparatur pemerintahan. Peran serta masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan maupun gangguan kamtibmas, salah satunya dengan meningkatkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Laporan : Dicky Agung Prihanto

 

Disebuah ruangan kerja di Kelurahan Sawangan Baru Kecamatan Sawangan, tampak Binmas, Babinsa, dan Plt Kelurahan Sawangan Baru tampak duduk serius dengan membahas keamanan lingkungan.

Usai melakukan koordinasi, Binmas Kelurahan Sawangan Baru, Aiptu Heri Suprapto mengatakan, partisipasi masyarakat dalam meningkatkan keamanan lingkungan dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dinilai sangat penting.

“Tugas peningkatan Kamtibmas tidak hanya tugas tiga pilar, namun masyarakat harus ikut terlibat,” ujar Heri.

Pria yang kerab membantu menyebrangkan siswa saat pagi hari di Jalan Raya Muchtar itu mengungkapkan, pengurus lingkungan baik tingkat RW maupun RT dapat mendorong warganya untuk melakukan siskamling terutama di malam hari.

Heri menilai, malam hari merupakan waktunya warga untuk beristirahat, setelah seharian melakukan kegiatan. Disaat itu, sangat sedikit warga yang melakukan aktifitas. Ditengah sepinya lingkungan, bukan tidak mungkin akan terjadi gangguan kamtibmas seperti tindakan pencurian.

Heri mengungkapkan, dengan mengadakan siskamling secara tidak langsung warga dapat menangkal secara dini tindakan kriminalitas di malam hari. Dia berharap, warga dapat menjadi polisi bagi dirinya sendiri, keluarga, maupun lingkungan.

“Tenaga kepolisian sangat terbatas, sehingga dibutuhkan siskamling,” terang Heri.

Hal senada juga diutarakan Plt Kelurahan Sawangan Baru, Dadi Rusmiadi. Dia menuturkan, siskamling merupakan salah satu tradisi terdahulu dalam menjaga lingkungan. Pihaknya telah meminta kepada pengurus lingkungan guna menggerakkan siskamling.

“Siskamling merupakan salah satu cara dalam menjaga keamanan di lingkungan masyarakat,” ucap Dadi. (*)