ADE/RADAR DEPOK JALAN : Aktifitas pejalan kaki yang terlihat di sepanjang jalan raya margonda. Terlihat beberapa kendaraan bermotor yang terparkir diatas trotoar.
ADE/RADAR DEPOK JALAN : Aktifitas pejalan kaki yang terlihat di sepanjang jalan raya margonda. Terlihat beberapa kendaraan bermotor yang terparkir diatas trotoar.

DEPOK–Bagi khalayak Kota Depok yang demen berjalan kaki harus banyak sabar. Banyaknya kendaraan yang parkir sembarang di trotoar sejauh ini masih diperbolehkan. Sebab, Dinas Perhubungan (Dishub) Depok butuh Polresta Depok dalam penindakan.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Ari Manggala mengaku, belum maksimal penggunaan trotoar di Kota Depok untuk pejalan kaki. Masih banyak pejalan kaki yang harus mengalah dengan kaki lima maupun pengendara yang memaksakan kendaraannya di atas trotoar.

“Untuk penindakan pelanggar diatas trotoar memang belum digencarkan di Kota Depok, sehingga masih banyak pejalan kaki yang belum terjamin keselamatannya,” kata Ari saat ditemui Radar Depok diruangannya, Kamis (28/9).

Ari mengatakan, sebagai upaya Dinas Perhubungan (Dihub) Kota Depok dalam menjamin pejalan kaki, saat ini baru hanya pembuatan zebra cross serta Pedestrian Crossing Light. “Saat ini zebra cross yang dibuat oleh Dishub ada 4 titik yang terdapat di sepanjang Jalan Margonda dan Pedestrian Crossing Light yang tersedia di Gramedia dan depan Balaikota Depok,” lanjut Ari.

Sementara itu dalam UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diatur tentang pejalan kaki. Pada Pasal 106 (2) menyebutkan bahwa pengemudi kendaraan bermotor wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki. Dalam pasal 34 (4) PP 34/2006 tentang LLAJ, trotoar hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki.

“Penindakan harus berkoordinasi dengan berbagai pihak, karena kami Dishub tidak ada wewenang untuk menindak, untuk penggembokan saja kami bekerja sama dengan Polantas,” lanjut Ari.

Pantauan Radar Depok, sepanjang Jalan Raya Margonda, ada sedikitnya puluhan mobil dan pedagang yang berdiri diatas trotoar. Yang membuat pejalan kaki harus melintas di bahu jalan.(ade)