SUDAH JADI: Sekretaris PP Kalimulya, Sandy Bagol (kiri) menyerahkan akta kelahiran kepada salah satu warga Kelurahan Kalimulya. Foto : Rama/Radar Depok
SUDAH JADI: Sekretaris PP Kalimulya, Sandy Bagol (kiri) menyerahkan akta kelahiran kepada salah satu warga Kelurahan Kalimulya. Foto : Rama/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, KALIMULYA – Ormas Pemuda Pancasila (PP) tidak melulu berbuat hal negatif. Contohnya PP Ranting Kelurahan Kalimulya, Cilodong. Melalui program kerjanya, PP Kalimulya memfasilitasi pembuatan akta kelahiran gratis bagi warga RT02/04.

Bekerja sama dengan anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Rachmin Siahaan, kemarin Sekretaris PP Kalimulya, Sandy Bagol menyerahkan akta yang sudah jadi kepada warga.

“Ini salah satu program kerja PP Ranting Kalimulya. Kami ingin berbuat untuk warga yang selama ini belum memiliki akta kelahiran,” kata Bagol kepada Radar Depok.

Untuk pembuatan perdana ini, PP Kalimulya membuat lima akta. Bagol mengaku tidak memungut biaya sepeser pun dari pemohon.

“Sudah komitmen kami membantu warga. Terutama yang tinggal di perkampungan. Kebanyakan mereka tidak mengerti syarat dokumen administrasi untuk membuat akta ini,” katanya.

Menurut Bagol, program pembuatan akta gratis lantaran banyaknya warga yang belum memiliki akta kelahiran. Padahal, akta sangat penting sebagai salah satu syarat dokumen untuk mengurus keperluan.

“Yang jelas, kalau belum punya akta kelahiran, orang itu belum tercatat di dokumen negara. Mereka rata-rata menggampangi, pas mau ngurus keperluan, misalnya buat ATM atau bayar pajak baru perlu akta,” katanya.

Jika ada warga di luar Kelurahan Kalimulya yang ingin membuat akta kelahiran gratis, PP Ranting Kalimulya siap memfasilitasi. “Pasti akan kami bantu. Kami ingin berbuat hal positif untuk lingkungan, untuk warga,” ujar Bagol. (ram)