RICKY/RADAR DEPOK AJAK KELUARGA: Anggota DPRD Kota Depok, Rudi Setiawan foto bersama keluarga usai pelantikan dirinya dalam Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Kota Depok.
RICKY/RADAR DEPOK
AJAK KELUARGA: Anggota DPRD Kota Depok, Rudi Setiawan foto bersama keluarga usai pelantikan dirinya dalam Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Kota Depok.

DEPOK – Setelah menjadi Anggota DPRD Kota Depok. Rudi Setiawan yang kini duduk di Komisi C, memiliki rencana untuk mewujudkan keselarasan antara pembangunan dan lingkungan hidup di Kota Sejuta Maulid.

“Saya ingin ada keselarasan antara pembangunan dan lingkungan hidup di Depok,” tutur Rudi kepada Radar Depok, kemarin.

Sebab, menurut dia, kondisi kedepannya Kota Depok akan semakin padat penduduknya, sehingga harus ada upaya yang lebih konkrit dan efektif lagi untuk merealisasikan slogan pembangunan berbasis lingkungan.

Beberapa upayanya melalui penataan ruang publik melalui penghijauan, penghijauan di garis sempadan sungai (GSS), penataan pedagang kaki lima dan lainnya.

“Isu lingkungan hidup sedang hangat dibicarakan. Bahkan, bumi sedang mengalami permasalahan pelik, yakni pemanasan global,” terangnya.

Suami dari Masyitoh ini mengungkapkan, Sungai Ciliwung yang melintasi depok hampir sekitar 13 KM pun menjadi harus menjadi salah satu fokus utama, seperti bagaimana agar ekosistem sungai di jaga kelestariannya, terbebas dari sampah dan pembuangan limbah, serta bangunan yang melangggar GSS.

“Di Depok banyak sekali penggiat lingkungan yang bisa di endors untuk bekerjasama dengan Pemkot dalam menjaga ekosistem sungai. Penyadaran kepada masyarakat pun penting untuk menjaga lingkungannya,” ungkap bapak dua orang anak ini.

Ia menambahkan, dirinya menjadi anggota Dewan pada prinsipnya merupakan pengabdian ke masyarakat. Dan dirinya ditugaskan dimana saja oleh partai pun siap dilaksanakan. “Selama itu untuk mengembangkan partai dan untuk kepentingan masyarakat. kebetulan saat ini saya dipercaya untuk duduk di komisi c, tentunya saya akan melakukan yang terbaik,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia yang baru dilantik sebagai dewan pun tentunya memerlukan adaptasi, baik di komisi dengan latar belakang kepartaian dan pekerjaan yang berbeda.

Kemudian, perbedaan latar belakang pendidikan juga cukup berpengaruh di dalam komisi. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah latar belakang pengalaman.

Dengan kondisi saat ini, ia pun harus banyak mengkaji dan mendalami perannya di Komisi C yang berhubungan dengan pembangunan,

“Insya Allah tidak akan lama proses adaptasi dan aklimatisasi saya, karena sebenarnya bukan hal yang baru juga bagi saya untuk mengikuti semua proses yang ada d DPRD, Jadi ya, pelajari, ikuti, jalani. Semoga apa yang saya lakukan di DPRD dan khususnya di Komisi C ada manfaat,” tandasnya.

Sementara, Istri Rudi Setiawan Masyitoh mengungkapkan, pihak keluarga akan mendukung penuh suaminya duduk di legislatif.

“Dari keluarga tahu bagai mana proses perjuangan suami dari proses pencaleg-an hingga jadi anggota Dewan seperti sekarang ini,” ucap ibu dari Aiko Adila Nararya Setiawan dan Hayfa Qaireen Irdina Setiawan ini. (cky)