DIKERUK : Satgas Banjir DPUPR saat melaksanakan normalisasi di Kali Enggram Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan Kamis (31/8). Foto : Dicky/Radar Depok
yamaha-nmax
DIKERUK : Satgas Banjir DPUPR saat melaksanakan normalisasi di Kali Enggram Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan Kamis (31/8). Foto : Dicky/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Musim kemarau yang melanda Kota Depok, dimanfaatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Kamis (31/8), DPUPR Kota Depok menormalisasi Kali Enggram di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan, DPUPR terus melaksanakan normalisasi saluran air, maupun sungai yang ada di Kota Depok. Musim kemarau yang terjadi saat ini membantu dalam memaksimalkan normalisasi saluran air.

“Dengan adanya kemarau air di saluran jadi sedikit, sehingga memudahkan kami,” ujar Citra kepada Radar Depok, kemarin.

Citra menjelaskan, pendangkalan saluran air maupun kali di Kota Depok disebabkan adanya sedimen tanah maupun lumpur. Tidak hanya itu, Satgas Banjir kerap menemukan sampah yang menyangkut dibawah jembatan sehingga memperlambat lajunya air.

Baca Juga  Hasan Siap Bersinergi dengan Elemen Bedahan

Saat ini, sambung perempuan yang mengenakan hijab DPUPR tengah melaksanakan normalisasi di Kali Enggram Kelurahan Sawangan Baru Kecamatan Sawangan. Di kali tersebut, terdapat sedimen tanah sehingga terjadi pedangkalan. Bahkan, beberapa sisi di kali tersebut banyak ditumbuhi rumput sehingga perlu dilakukan normalisasi.

“Kami menggunakan Spider Mini guna melakukan normalisasi kali,” terang Citra.

Salah seorang warga RW6 Kelurahan Sawangan Baru, Samsul menuturkan, sebelum dilaksanakan normalisasi Kali Enggram terjadi pendangkalan karena sudah sekian lama tidak dilakukan normalisasi. Selain itu, masih ada oknum warga yang membuang sampah didalam Kali Enggram sehingga kondisi kali tersebut semakin mengkhawatirkan.

Usai dilaksanakan normalisasi, lanjut Samsul kedalaman Kali Enggram sudah semakin bertambah. Hal itu dapat menampung air hujan maupun air dari saluran masyarakat. Dia mengajak masyarakat, guna menjaga Kali Enggram dengan tidak membuang sampah ke dalam kali. “DPUPR sudah melakukan normalisasi dan sebagai warga kami akan berusaha menjaga,” tutup Samsul. (dic)

Baca Juga  Posmaja Kenangan Pertama di Sawangan